Polres Tapanuli Tengah Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023 - 2024

Polres Tapanuli Tengah Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023 - 2024

Hendri
By -
0

Polres Tapteng

Bicaranews.com | TAPTENG - Dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024 Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023, Selasa (17/10/23) pukul 09.00 wib 

Apel berlangsung di lapangan apel Mapolres Tapanuli Tengah turut hadir mewakili Pj. Bupati Tapanuli Tengah Kaban Kesbangpol Linmas Kabupaten Tapteng Budi Joniar Siahaan, SE, MM, Dandim 0211/TT di Wakili oleh Mayor Inf Darwin Gultom, Dan Denpom Sibolga di Wakili oleh Wadan Den Pom Mayor CPM Lukas Tio, Dan Lanal Sibolga di Wakili oleh Kapten Laut Haryono, Dan Sat Radar 234 Sibolga di Wakili oleh Kapten Lek Selamet Hartono, Ketua PN Sibolga di Wakili oleh Panitera Muda Perdata Ferdian Oloan Simanungkalit, SH, Mewakili Kepala Kejari Sibolga Mirza Erwinsyah, SH, M.H, Ketua Bawaslu Kabupaten Tapteng Sinta Sari Dewi Napitupulu, SE, Kakan Kemenag Kabupaten Tapteng H. Julsukri M. Limbong, S.Ag., M.M, Ketua MUI Kabupaten Tapteng Ustadz H. Ngadiman KS, Kasat Pol PP Kabupaten Tapteng di Wakili oleh Kabid Linmas Herianto Tambunan, Kadis Perhubungan dr. Febrianto Manalu, M.K.M, Kaban Kesbangpol Linmas Kabupaten Tapteng di Wakili oleh Sekretaris Kesbang Pol Kambaudin Siregar, S. Sos, Tokoh Masyarakat Samahati Lase, Ketua KNPI Kabupaten Tapteng Lodewick FS Marpaung, Para PJU dan Perwira Polres Tapanuli Tengah.

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang dibacakan Kapolres Tapanuli Tengah "Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras operasi mantap brata 2023 - 2024, sehingga pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

"Guna mengamankan pemilu 2024 maka POLRI didukung TNI, kementrian / lembaga, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya.

"Operasi ini dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 oktober 2023 sampai dengan 20 oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan pemilu.

"Sebagai dukungan terhadap operasi mantap brata 2023 - 2024, Polri juga menggelar operasi nusantara cooling system 2023 - 2024 untuk membangun narasi besar “persatuan dan kesatuan, serta kemajuan kelompok” guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propaganda, firehouse of falsehood dan black campaign yang dilengkapi dengan satgas anti money politics serta satgas pemilu damai.

"Operasi mantap brata 2023-2024 tentunya di iringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

"Lakukan mapping potensi konflik sosial secara detail di wilayahnya masing masing dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akar masalah. "Ucapnya. 

Lanjut Kapolres,"Khusus terkait bencana alam, koordinasikan dengan TNI, BNPB, BMKG, BASARNAS dan stakeholder lainnya guna memetakan daerah rawan, sehingga bencana dapat dimitigasi.

"Selanjutnya terkait tindak pidana pemilu, lakukan koordinasi dan kolaborasi antar pilar sentra gakkumdu, agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana pemilu dapat dilakukan secara profesional serta transparan, sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat.

"Terdapat penekanan untuk dipedomani serta dilaksanakan sebagai berikut :

a) Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

b) Pastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras dan fasilitas penunjang lainnya.

c) Laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan buddy system.

d) Pimpinan di setiap tingkatan harus terjun langsung ke lapanhan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing masing.

e) Lakukan pengaturan jadwal pengamanan, sehingga kesehatan personel dalam kondisi yang prima.

f) Kedepankan komunikasi publik dan upaya cooling system.

g) Tingkatkan sinergisitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait.

"Saya ucapkan terima kasih dan selamat bertugas kepada seluruh personel yang terlibat. Mari bersama sama kita amankan pemilu 2024, demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 yang kita cita citakan. "Terang Kapolres. (Humas Polres Tapteng) 

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)