Polres Humbahas Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Polres Humbahas Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Hendri
By -
0

Polres Humbahas

Bicaranews.com | HUMBAHAS - Dalam rangka pengamanan pemilu tahun 2024 Polres Humbang Hasundutan gelar rapat koordinasi lintas sektoral di Aula DP Silitonga Polres Humbahas. Selasa (17/10/2023)

Rapat koordinasi dengan sandi operasi "Mantap Brata Toba 2023-2024" tersebut dipimpin oleh Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Ardianto, SH, SIK, MH, dengan di hadiri oleh Sekda Kabupaten Humbahas Drs. Tony Sihombing M.IP, Pabung 0210/TU Humbahas Mayor Amr Ojak Simarmata, Kasi Pidum Kajari Humbahas, Perwakilan DPRD Humbahas, Ketua KPU Humbahas, Ketua Bawaslu Humbahas, Pimpin OPD Kabupaten Humbahas, Ketua DPC partai se-Kabupaten Humbahas, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Humbahas 

Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, menuturkan tujuan rapat koordinasi operasi "mantap brata toba 2023-2024" ini adalah untuk berkoordinasi, berkolaborasi, menyamakan persepsi dan melakukan pengecekan kesiapan pengamanan pemilu 2024 baik pada aspek personel, sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemkab dan mitra kamtibmas lainnya.

"Rapat koordinasi kesiapan ini sangat penting untuk mengetahui sejauh mana kesiapan kita baik secara moril maupun materil." Ucap Kapolres 

Kapolres Humbahas juga mengajak seluruh elemen masyarakat di kabupaten humbahas, untuk menolak semua bentuk hoax, isu isu sentimen sara, ujaran kebencian dan hal-hal yang dapat merusak persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat, termasuk cara cara berpolitik yang tidak sehat, guna mewujudkan pemilu yang aman dan damai serta sehat di Kabupaten Humbahas. 

"Jangan sampai momen berdemokrasi ini dimanfaatkan kelompok tertentu yang ingin memecah belah dan mengadu domba masyarakat dan masyarakat diminta juga untuk tidak terpolarisasi meski berbeda pilihan politik. Situasi harus dijaga bersama-sama." Lanjutnya

Selain itu juga, Kapolres menegaskan tentang netralitas TNI-Polri dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024.

"TNI-Polri akan bekerja secara profesional dan proporsional sesuai tupoksi masing-masing, dan tetap berkomitmen menjaga netralitas." tegas Kapolres

Sementara itu ketua KPU Humbahas Binsar Pardamean Sihombing menyampaikan bahwa saat ini KPU sedang melaksanakan tahap hasil pengumuman daftar calon sementara anggota legislatif Kabupaten Humbahas.

Hendri Pasaribu sekaku Ketua Bawaslu Humbahas menuturkan bahwa tugas bawaslu adalah melakukan pencegahan dan penindakan pelanggaran pemilu dan sengketa proses pemilu, menyampaikan dugaan tindak pidana pemilu kepada Gakumdu, mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu, menyampaikan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu kepada DKPP, mencegah terjadinya praktik politik uang, dan mengawasi netralitas ASN, TNI dan Polri. 

Di akhir rapat koordinasi tersebut Sekda Kabupaten Humbahas Drs. Tony Sihombing M.IP, menyampaikan bahwa kegiatan rapat koordinasi merupakan wadah komunikasi, koordinasi dan kolaborasi sehingga bisa meminimalisir kan hambatan maupun permasalahan.

Drs. Tony Sihombing juga mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Humbahas dalam menyelenggarakan rapat koordinasi ini sebagai media komunikasi guna menciptakan pemilu aman, damai dan lancar. 

"Semoga tahapan pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Humbahas berjalan aman, damai dan kondusif." tutup tony. (Humas Polres Humbahas) 


Pewarta : Maruli

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)