Bukti Persatuan, Tugu Toga Pakpahan Didirikan di Onan Runggu Samosir

Bukti Persatuan, Tugu Toga Pakpahan Didirikan di Onan Runggu Samosir

Redaksi
By -
0

Foto Bersama : Bupati Samosir Vandiko Gultom (enam dari kiri) berfoto bersama Mayjen TNI (Purn) Dr Sumiarjo Pakpahan (tujuh dari kiri), Dr Robert Pakpahan (lima dari kiri), Kombes Pol (Purn) Drs Panusun Samosir Pakpahan SH MH MM (tiga dari kiri), Ir Pantun Pakpahan (empat dari kanan) dan Rianto Pakpahan (paling kanan) setelah peletakan batu pertama Tugu Pakpahan di Dusun Pakpahan, Desa Sosor Batu, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir, Sumut, Sabtu (7/10/2023). 

Bicaranews.com|MEDAN - Pomparan Pakpahan Boru dan Bere Sedunia mendirikan tugu di Dusun Pakpahan, Desa Sosor Batu, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir, Sumut, Sabtu (7/10/2023). Tugu tersebut dibangun sebagai bukti persatuan Pomparan Pakpahan Boru Dohot Bere seluruh dunia. 

"Tugu tersebut didirikan sebagai bukti persatuan yang sudah tercipta di pomparan Pakpahan Bere dan Boru, serta pesan kepada generasi muda Pomparan Pakpahan Bere dan Boru di seluruh dunia untuk terus merawat persatuan dan kecintaan kepada kampung halaman," jelas Ketua Pakpahan Huta Raja Bere dohot Boru Sedunia Kombes Pol (Purn) Drs Panusun Samosir Pakpahan SH MH MM didampingi Bagian Hukum Dingin Pakpahan SH MH CML kepada wartawan di Medan, Selasa (10/10/2023).

Diceritakan, persatuan Pomparan Pakpahan Boru Dohot Bere Sedunia itu tercipta dalam pertemuan tim inisiasi di Restoran Mora Tabo Cikini Jakarta, Rabu (30/3/2022), yang dihadiri masing-masing 3 perwakilan dari Pakpahan Huta Raja Boru Dohot Bere Sedunia, Pakpahan Lumbanbosi Boru Dohot Bere Sedunia, Pakpahan Sigodang Pohul Boru dohot Bere Sedunia.

"Dalam pertemuan itu terbentuk Tim 9 yang diketuai Mayjen TNI (Purn) Dr Sumiarjo Pakpahan MSi Phd. Saat itu, saya diberikan kepercayaan menjadi Ketua Pakpahan Huta Raja Bere dohot Boru Sedunia, Ir Pantun Pakpahan menjadi Ketua Umum Pakpahan Lumbanbosi Bere dan Boru Sedunia, dan Rianto Pakpahan sebagai Ketua Umum Pakpahan Sigodang Pohul Bere dan Boru Sedunia," ujarnya.

Ditambahkan, selanjutnya Tim 9 sepakat menggalang dukungan kepada seluruh Pomparan Pakpahan Boru dohot Bere Sedunia, dalam rangka membangun Tugu Pakpahan di Dusun Pakpahan, Desa Sosor Batu, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir.

Menurutnya, bukti bersatunya seluruh Pomparan Toga Pakpahan digambarkan melalui didirikannya tugu tersebut, dibuktikan dengan dana pembangunan sebesar Rp1,5 miliar yang digalang dari seluruh Pomparan Toga Pakpahan Bere dan Boru Sedunia, serta pengerjaan tugu melibatkan Pomparan Toga Pakpahan Bere dan Boru di Samosir.

Dijelaskan, peletakan batu pertama Tugu Toga Pakpahan itu dihadiri Bupati Samosir Vandiko Gultom, unsur Forkopimcam Kabupaten Samosir, Penasehat Pakpahan Huta Raja Bere dohot Boru Sedunia Dr Robert Pakpahan, perwakilan marga Gultom, Samosir, Harianja, Sitinjak, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta tokoh pemuda Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir.

"Kami berharap, tugu ini nantinya akan diingat seluruh Pomparan Toga Pakpahan Boru Dohot Bere Sedunia untuk selalu merawat persatuan serta memberi arti bagi kampung halaman. Masyarakat juga sangat antusias menyambut didirikannya Tugu Toga Pakpahan, sehingga Pomparan Toga Pakpahan Boru Dohot Bere seluruh dunia akan selalu ingat kampung halamannya," harapnya.

Dijadwalkan, Tugu Toga Pakpahan tersebut akan selesai dibangun pada Maret 2024 dan disusul dengan Pesta Tugu sekalian acara musyawarah besar (Mubes) untuk memilih Ketua Umum Toga Pakpahan Boru dohot Bere Sedunia di Dusun Pakpahan, Desa Sosor Batu, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir.

"Melalui kesempatan ini, kami mengundang dan mengharapkan seluruh Pomparan Toga Pakpahan Boru Dohot Bere Sedunia untuk hadir bersama-sama pada pesta tugu dan Mubes itu, karena nantinya pada kegiatan itu akan dipilih Ketua Umum Toga Pakpahan," jelasnya.(t/sib/bn)

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)