Bupati Taput Tabur Benih Ikan Tawar Di Desa Parbubu II Kecamatan Tarutung - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Bupati Taput Tabur Benih Ikan Tawar Di Desa Parbubu II Kecamatan Tarutung

Bicaranews.com | TAPUT - Bupati Nikson Nababan berharap Desa Parbubu II Kecamatan Tarutung bisa menjadi pusat kebutuhan air tawar di Tarutung

Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Tapanuli Utara Ir. Longgos Buha Pandiangan dan beberapa pimpinan OPD terkait, para camat se-Kabupaten Tapanuli Utara dan Kepala Desa Parbubu II melaksanakan penaburan benih ikan mas dan ikan nila dengan jumlah ± 7500 ekor dan pakan ikan 30 kg di Dusun Anyelir Desa Parbubu II Kecamatan Tarutung, Kamis (3/8/2023).

Adapun Dinas Ketahanan Pangan melakukan pencetakan kolam milik kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Dos Ni Roha di Desa Parbubu II Kecamatan Tarutung. Kolam dicetak menggunakan alat berat excavator seluas lebih kurang 4 Ha dan membuka jalan produksi ± 500 m. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Nikson Nababan memberikan sambutannya.

“Terima kasih atas sambutannya kepada kami dengan jamuan makan siang yang sangat lezat. Suatu hal yang luar biasa dan seperti harapan saya bila program pembangunan kabupaten Tapanuli Utara seperti budidaya bibit ikan ini bisa disambut baik oleh para warga. Selama ini Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara selalu melakukan mekanisasi pertanian dan budidaya ikan tawar. 

Mendukung program pemerintah ini peminjaman alat berat untuk membuka lahan dan penyerahan bantuan benih ikan tidak ada pungutan biaya sama sekali. Kita harap desa Parbubu II bisa menjalankan budidaya ikan tawar ini dengan baik, dan berkembang pesat,” ujar Bupati mengawali.

“Kedepannya saya harap para kelompok budidaya ikan semakin mandiri untuk mengelola bibit sampai bisa panen dan membuat bibit ikan lagi, dan Dinas Ketapang akan siap membantu mengarahkan. Saya harap Desa Parbubu II kedepannya bisa menjadi supplier ikan tawar di Tarutung terutama. 

Saya harap kepala desa memberikan perhatiannya kepada kelompok budidaya ikan tawar ini, dan kiranya bantuan yang diberikan ini bermanfaat buat desa Parhubu. Bisa juga tempat ini dijadikan tempat memancing dan suatu saat bisa membuat turnamen lomba memancing di tempat ini. 

Selanjutnya jalan menuju lokasi kolam akan ditingkatkan kualitasnya menjadi lapem supaya akses menuju tempat ini mudah ditempuh begitu juga dengan bedah rumah akan diupayakan tahun depan” tambah Bupati.

“Saya juga bersyukur atas kesempatan ini bisa membawa kedua anak saya si kembar Abraham dan Jonathan ikut menabur benih ikan, sekaligus agar mereka melihat langsung masyarakat desa dan kehidupan di desa pinggiran, hingga bisa sebagian kecil merasakan, memahami dan mengerti apa yang saya kerjakan selama ini di Tapanuli Utara. Harapan saya kelak mereka akan selalu ingat pulang dan rindu ke Bona Pasogit. Semoga  kolam ikan ini bisa mandiri ke depan dan mensejahterakan rakyat desa Parbubu II. Juga bisa menjadi sentra kebutuhan ikan tawar di kota Tarutung,” tutup Bupati.

Ketua kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Dos Ni Roha di Desa Parbubu II Kecamatan Tarutung Jantua Lumbantobing beserta para anggotanya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara khususnya kepada Bupati Tapanuli Utara atas kedatangan Bupati dan rombongan ke desa Parbubu II dalam rangka memberikan bibit ikan.

“sudah hampir 10 tahun Bapak Bupati Nikson Nababan memimpin Kabupaten Tapanuli Utara, kami warga Desa Parbubu II sudah melihat dan merasakan kinerja Bapak sebagai kepala daerah melalui perhatian Bapak yang merangkul kami warga Tapanuli Utara. 

Terima kasih yang setinggi-tingginya kami ucapkan kepada Bapak telah mendukung kami membudidayakan ikan ditempat kami dengan memberikan bantuan benih ikan pada saat ini. Selain bibit ikan Bapak juga sudah memberikan kami bantuan alat berat sehingga kami bisa membuka lahan yang terlantar yang berpotensi membuat kolam ikan sebagai tempat budidaya ikan. Kami doakan yang terbaik buat Bapak Bupati dan keluarga dalam mengemban tugas di Kabupaten Tapanuli Utara. Semoga budidaya ikan di desa ini bisa berjalan lancar dan membantu perekonomian rakyat” ungkapnya. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Diberdayakan oleh Blogger.