Markas Komando Pasukan Brimob I Polri Resmi Berdiri Di Sumut

Markas Komando Pasukan Brimob I Polri Resmi Berdiri Di Sumut

Hendri
By -
0

Bicaranews.com | BINJAI - Pasukan Korps Brimob I Polri resmi menempati eks Batalyon A Brimob Polda Sumut di Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara, sebagai markas komando, Selasa (6/6/2023).

Pasukan Brimob I Polri yang dipimpin Brigjen Pol Drs. Firly R Samosir akan membawahi empat resimen (Resimen Pelopor dan Resimen Gegana) dan berperan sebagai pembina teknis 10 satuan Brimob Polda diwilayah Sumatera (Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Bengkulu, Jambi, Sumsel, Babel dan Lampung ).

Pada Apel peresmian dan penempatan Pasukan Brimob I di eks Batalyon A Brimob Polda bertindak sebagai Inspektur Upacara  Wadankor Brimob Polri Irjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.han, hadir dalam upacara tersebut Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. RZ Panca Putra Simanjuntak, M.si, Kasdam I/BB, Danlantamal Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, Walikota Binjai, Para Wakapolda dan Dansat Beimob se Sumatera serta Pejabat Forkopimda lainnya.

Dalam sambutannya Wadankor Brimob Polri, Irjen Pol Imam Widodo, mengatakan diresmikannya markas komando pasukan Brimob I Polri di lokasi eks Batalyon A Brimob Polda Sumut, Kota Binjai, bertujuan untuk menanggulangi pencegahan tindak kejahatan dengan skala intensitas tinggi.

"Keberadaan pasukan Brimob I Polri ini juga melaksanakan kegiatan operasional pengamanan agenda nasional 2024 dan internasional. Semoga dengan adanya pasukan Brimob I Polri bisa bermanfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa," katanya.

Imam menegaskan, kehadiran pasukan Brimob untuk memelihara keamanan dalam negeri dan mencintai situasi Kamtibmas.

"Jadi, perlu saya tegaskan bahwa Brimob itu pasukan khusus yang tugasnya memelihara keamanan didalam negeri ini. Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, sehingga diresmikanlah markas komando Pasukan Brimob 1 Polri di Kota Binjai," tegasnya.

Jenderal bintang dua ini menambahkan bahwa pembangunan ini merupakan amanah untuk meningkatkan Kamtibmas.

"Markas komando ini akan menjadi tempat yang ramah, inklusif dan terbuka bagi masyarakat. Kami akan menjalin kemitraan dengan institusi lain dan membangun kepercayaan yang kokoh," ujarnya sikap dan tindakan Brimob harus dan berorientasi kepada bangsa dan negara. Negara tidak boleh kalah.

"Jadi, kehadiran kami disini untuk menanggulangi situasi darurat, yakni membantu tugas kepolisian kewilayahan dan bersinergi dengan TNI Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, Sosial dan menangani, kejahatan dengan tingkat intensitas tinggi," ucap Imam

Penguatan Struktur Organisasi Korbrimob Polri 

Pada tanggal 10 Juni 2022  diresmikan melalui upacara yang dipimpin oleh Kapolri di Mako Brimob Kelapa Dua Depok serta Pelantikan dan Kenaikan Pangkat Dankorbrimob Polri menjadi Bintang 3 (tiga) Yaitu Komjen Pol. Drs. Anang Revandoko. M.I.Kom.

Pembentukan Pasukan Brimob I, II dan III

Berdasarkan terbitnya peraturan presiden No 54 Tahun 2022, Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden No. 52 tahun 2010 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia. Melalui Perpres tersebut, Untuk mewujudkan postur Brimob Polri yang Prediktif Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat. (t/bn) 

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)