Hari Lahirnya Pancasila, Kepala SMPN 36 Medan: Sebagai Momentum Tingkatkan Nilai-Nilai Pancasila Dikalangan Siswa

Hari Lahirnya Pancasila, Kepala SMPN 36 Medan: Sebagai Momentum Tingkatkan Nilai-Nilai Pancasila Dikalangan Siswa

Hendri
By -
0

Kepala SMP Negeri 36 Medan Pulungan P Nababan
Bicaranews.com | MEDAN - Peringatan Hari Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2023 mempunyai makna yang sangat mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sebab, Pancasila yang merupakan Lambang Negara juga memiliki arti yang sangat kuat.

Kepala SMP Negeri 36 Medan Pulungan P Nababan dalam wawancara memaknai hari lahir Pancasila, Rabu (31/6/2023) di ruang kerjanya mengatakan, Pancasila memiliki peran penting dalam dunia Pendidikan karna setiap warga negara mempunyai kesempatan yang sama dalam mengenjang pendidikan.

"Dengan pendidikan akan membantu serta memudahkan seseorang untuk mendapatkan cita-cita dan keinginannya. Dengan pendidikan juga akan dapat meraih serta merasakan kedamaian dalam diri dan kehidupannya. Baik dalam kehidupan beragama maupun hidup bermasyarakat," ungkapnya.

"Di era digitalisasi saat ini cukup banyak mempengaruhi pola kehidupan masyarakat, beragam cara pandang dan cara berfikir masyarakat di tengah-tengah masyarakat yang heterogen sehingga bisa membuat masyarakat terpecah belah," tambah Pulungan.

Lanjut Pulungan Nababan, peran pendidikan sangat membantu untuk memberikan pencerahan atas perbedaan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat saat ini. Bangsa Indonesia yang beraneka ragam budaya, bahasa, suku, agama sehingga muncullah Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetap satu jua. 

Pada kondisi seperti itu Pendidikan di Indonesia harus sejak awal sudah ditanamkan nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik yang notabenenya adalah generasi emas. Apalagi dengan adanya Kurikulum Merdeka Belajar sangat mendukung sekali kurikulum merdeka belajar ini diadakan sehingga 5 Profil Pancasila itu dapat diterapkan kepada siswa-siswa kita.

"Dalam hal ini pada momentum memperingati hari kelahiran Pancasila 1 Juni tahun 2023 kita jadikan momentum ini sebagai langkah penguatan implementasi pemahaman nilai-nilai Pancasila pada peserta didik khususnya 5 profil Pancasila yang melengkat dikurikulum merdeka belajar," ungkap Kepala SMP Negeri 36 Medan itu.

Pulungan mengatakan, dengan penguatan pemahaman nilai-nilai Pancasila serta implementasi kepada kalangan peserta didik itu bisa meningkatkan peran siswa-siswi dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Dijelaskannyan, dengan penguatan faham tentang nilai Pancasila yang menjadi dasar Negara Indonesia dapat di tanamkan serta di inplementasikan sejak dini sampai mereka dewasa dan tua akan tetap tertanam dalam diri mereka sehingga sampai kapanpun bangsa ini tetap utuh dan tidak terprovokasi oleh siapa dan dari mana yang menginginkan bangsa ini terpecah. 

"Oleh karenanya peningkatan pemahaman maupun penguatan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik harus diperkuat melalui Kurikum Merdeka belajar. Terima Kasih kepada Pemerintah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar, dengan adanya Kurikulum Merdeka Belajar ini peserta didik bisa memahami dan mengamalkan 5 profil Pancasila," tutupnya sembari mengucapkan Selamat Hari Lahirnya Pancasila buat kita semua. (Bn) 


Pewarta : HLN

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)