Personel Polda Sumut Kompol Pandu Winata Terima Penghargaan ILEA Day Award 2023 di Amerika Serikat

Personel Polda Sumut Kompol Pandu Winata Terima Penghargaan ILEA Day Award 2023 di Amerika Serikat

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|MEDAN - Kompol Pandu Winata menerima penghargaan International Law Enforcement Academy (ILEA) pada acara ILEA Day Award 2023 di Washington DC, Amerika Serikat pada 24-26 April 2023

Penghargaan diperoleh setelah berhasil mengungkap kasus tindak pidana Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI). Atas keberhasilannya itu, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta mengirim surat kepada Divisi Hubungan Internasional Kepolisian RI agar Kompol Pandu berangkat ke Negeri Paman Sam bergabung dengan utusan negara lainnya.

Saat tiba di Medan, Pandu menuturkan sebagai personel Polda Sumut, ia merasa terhormat menjadi alumni ILEA dari perwakilan Indonesia yang mendapatkan pengakuan Internasional atas prestasi mereka melaksanakan tugas-tugas Kepolisian.

Sebelum berangkat, finalis telah melalui proses leahy vetting, yaitu proses pemeriksaan ketat yang dilakukan pemerintah AS untuk memastikan bahwa finalis tidak terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia dan eksploitasi seksual.

“Saya mewakili institusi Polri, khususnya Direktorat Krimsus Polda Sumut mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak atas bimbingan dan arahan sehingga saya mendapatkan penghargaan ini dan berharap pengakuan Internasional ini akan mendorong semangat kami untuk terus meningkatkan kinerja dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Sumatera Utara,” ujarnya ditemui wartawan di Medan, Jumat (19/5).

Pandu satu-satunya personel Polri dari Polda Sumut yang dipanggil ILEA AS. Torehan prestasi atas kinerjanya membawa namanya dan nama Polda Sumut tercatat di ILEA AS. Ilmu yang didapatnya dari ILEA semoga menjadi suplemen tambahan bagi Polri.

“Semoga ilmu saya peroleh dapat berguna bagi institusi Polri dalam aplikasi pelaksanaan tugas dan kajian ilmiah Polri. Ini belum selesai, saya masih terus mengejar prestasi di dalam karir,” sebutnya.

Diketahui, ILEA merupakan akademi pelatihan internasional yang bertujuan membangun kapasitas mitra peradilan pidana asing dan memperkuat kemitraan peradilan pidana di seluruh dunia.

Penghargaan ILEA Day Award diberikan kepada alumni yang telah mencapai tujuan program dengan baik. Acara penghargaan dihadiri finalis dari berbagai negara yang terpilih melalui seleksi dan tahapan pemilihan nominasi. 

Acara tersebut mencakup upacara penghargaan, acara alumni global, dan para penerima penghargaan diberikan kesempatan luar biasa yaitu study tour dan pelatihan singkat di beberapa lembaga penegakkan hukum di Washington DC.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)