Dorong Kunjungan Wisata Seribu Goa Banuarea, Kemenparekraf Serahkan Bantuan

Dorong Kunjungan Wisata Seribu Goa Banuarea, Kemenparekraf Serahkan Bantuan

Redaksi
By -
0

Bicaranews.com|Humbahas -Kemenparekraf memberikan bantuan kepada pengelola Daya Tarik Wisata Seribu Goa Banuarea, Desa Banuarea, Kecamatan Pakkat, Humbang Hasundutan. Bantuan ini diberikan untuk meningkatkan kunjungan wisata.

Adapun bantuan yang diberikan berupa Helm Speleo, Senter Kepala, Jas Hujan, Sepatu Boots, Tempat Sampah Eco, Rambu Petunjuk Arah, Lampu Penerangan Solar Cell, Alat Komunikasi Darurat, Tenda Camping dan Sleeping Bag.

"Penyerahan bantuan ini bertujuan untuk menjadikan kawasan Daya Tarik Wisata Seribu Goa Banuarea sebagai bagian Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba dan UNESCO Global Geopark menjadi destinasi yang bersih, aman dan nyaman dari sisi keamanan dan keselamatan , serta dapat melengkapi kebutuhan amenitas dan atraksi destinasi pariwisata," ungkap Ketua Tim Kerja Wilayah I Direktorat Pengembangan Destinasi I Agus Suprihastono, Jumat (19/5/2023).

Seribu Goa Banuarea

Agus menyebutkan dengan bertambahnya sarana destinasi wisata ini dapat menikatkan kunjungan wisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Dengan bertambahnya Sarana dan Perlengkapan Susur Goa ini tentu akan menambah lama tinggal wisatawan nantinya dan semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Desa Banuarea," ujar Agus.

Sementara itu, untuk mengoptimalkan potensi daya tarik wisata di daerah untuk dibangun melalui proses perencanaan yang baik dan komprehensif, Kemenparekraf/Baparekraf juga saat ini sedang merancang dan memberikan dukungan Penyusunan Masterplan dan Siteplan Daya Tarik Wisata (DTW) Seribu Goa Banuarea Desa Banuarea Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan.

"Dengan tersusunnya dokumen perencanaan tapak (siteplan) yang komprehensif pada daya tarik wisata (DTW) Seribu Goa Banuarea ini untuk kemudian ditindaklanjuti pembangunannya oleh Pemerintah Daerah melalui mekanisme DAK Penugasan Bidang Pariwisata," kata Ketua Sistem Penganggaran dan DAK,Andhy Marpaung.

Lanjutnya, Andi berharap adanya penataan amenitas dan atraksi di destinasi wisata Seribu Goa ini agar meningkatkan kenyamanan wisatawan saat menyusuri goa tersebut.

"Kami berharap penataan amenitas dan atraksi di DTW Seribu Goa Banuarea ini nantinya dapat terwujud pada tahun 2024 dengan berpedoman dengan masterplan /siteplan yang sudah disusun sehingga destinasi Seribu Goa Banuarea ini dapat nyaman dikunjungi wisatawan dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat," jelasnya.

Terkait hal ini, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Humbang Hasundutan, Kepala Desa Banuarea serta Pokdarwis sebagai pengelola DTW Seribu Goa Banuarea turut menyambut baik hal ini.

Kabid Pariwisata dan Kebudayaan mewakili Kepala Dinas Disparpora Humbahas Harapan Sibarani turut menyampaikan terima kasih atas dukungan sarana dan perlengkapan Susur Goa dari Kemenparekraf/Baparekraf ini.

"Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas dukungan sarana dan perlengkapan susur goa Banuarea dari Kemenparekraf/Baparekraf ini. Semoga ini dapat memacu peningkatan pendapatan masyarakat Banuarea dengan pengelolaan yang baik," kata Harapan.(dtc/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)