Sungai Sipange Tapsel Makan Korban, Mobil Pemudik Terseret Air 30 Meter 8 Tewas 6 Selamat

Sungai Sipange Tapsel Makan Korban, Mobil Pemudik Terseret Air 30 Meter 8 Tewas 6 Selamat

Redaksi
By -
0

Bicaranews.com|Tapsel - Satu unit mobil minibus yang membawa 8 orang penumpang hanyut di Sungai Sipange, Desa Sigolang, Kecamatan Aekbilah, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Rabu (19/04/2023).

Kejadi nahas tersebut terjadi sekitar pukul 19.00 WIB, dimana mobil yang ditumpangi korban saat menyeberang sungai menuju kampung halaman Desa Tapus Godang. Mobil yang dikemudikan Sawaluddin Rambe tiba-tiba mesin mati di tengah sungai yang sudah mulai meluap.

Air makin besar dan enam penumpang di bak terbuka melompat berupaya menahan mobil agar tak hanyut. Namun, upaya mereka tidak berhasil. Mobil yang di dalamnya masih ada delapan orang berikut sopir, hanyut diseret air sungai.

Mobil itu akhirnya sangkut sekitar 30 meter dari lokasi awal hanyut. Enam orang yang tadinya berada di bak terbuka belakang, berhasil menyelamatkan diri.

Selama ini warga terpaksa melintasi sungai, sebab jembatan gantung di lokasi tersebut sudah lama roboh. Sedangkan jembatan baru untuk menghubungkan dua Desa tersebut belum dibangun.

“Jumlah seluruh penumpang 14 orang, dengan rincian 8 tewas dan 6 selamat,” kata Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (20/4/2023)

Adapun dua korban yang sebelumnya dinyatakan hilang, Sawaluddin Rambe dan anak balitanya Haidin Rambe, telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia sekitar 2 kilometer dari titik awal mobil hanyut.

Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni bersama Kabag Ops Kompol J. Napitupulu turun langsung ke lokasi untuk melakukan pencarian bersama tim gabungan.

Jenazah korban Sawaluddin Rambe ditemukan sekira pukul 08:00. Jenazah anaknya Haidin Rambe ditemukan sekira pukul 10:00.

Dengan ditemukannya dua korban ini, maka penumpang mobil yang hanyut saat melintasi Sungai Aek Sipange pada Rabu (19/4/2023) sekira pukul 19:00 itu telah ditemukan secara keseluruhan.

Kedua korban itu telah diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan. Sebelumnya jenazah enam korban tewas lainnya telah dikebumikan di Desa Tapus Godang, Kecamatan Aek Bilah.

Kapolres Tapsel juga mengimbau kepada pemudik maupun penduduk desa pedalaman yang dipisahkan sungai dan bukit, agar lebih berhati-hati. Apalagi saat ini cuaca sedang musim hujan.

“Jika air sungai sedang besar atau meluap, janganlah dipaksakan untuk melintas. Kemudian waspadai kejadian longsor, karena topografi daerah kita berbukit dan berjurang. Sayangi nyawa anda dan keluarga,” imbaunya.

Berikut Nama-nama Korban Meninggal

1. Zenita, Jawa, (36), Islam, Kota Raya Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau (Istri Dimson Rambe)

2. Carlen Alfaro Rambe, ( 13), laki-laki, Islam, Pelajar, Kota Raya Kab. Rokan Hulu Provinsi Riau (anak Dimson Rambe) 

3. Amran Algalibi Rambe, laki-laki, ( 4,5) Islam, blm sekolah, Kota Raya Kab. Rokan Hulu Provinsi Riau, (anak Dimson Rambe)

4. Afsa Almasifah Rambe, perempuan, (1,5) Islam, belum sekolah, Kota Raya Kabupaten Rokan Hulu (anak Dimson Rambe)

5. Fatma Pane, (30) Islam, ibu rumah tangga, Kota Tengah Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu ( istri Sawaluddin Rambe )

6. Aktar Rambe, (4 ) Islam, belum sekolah, Kota Tengah Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu ( anak Sawaluddin Rambe )

Korban Sempat Hilang Ditemukan

1.Sawaluddin Rambe (33) Islam, Wiraswasta, Kota Tengah Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau.

2. Haidin Rambe, (1,5) Islam, blm sekolah, Kota Tengah Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau (anak Sawaluddin Rambe).


Korban selamat

1.Dimson Rambe, (38) Islam, wiraswasta, Kota Raya Kabupatrn. Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau

2. Alfin Rambe, (30), Islam, wiraswasta, Pekanbaru Riau (adik Dimson Rambe).

3. Zamra Ritonga (21) wiraswasta, Desa Tapus Godang Kecanatan Aek Bilah, Kabupaten Tapsel ( keluarga Dimson Rambe).

4. Mahmun Rambe, (20) wiraswasta, Islam, Desa Tapus Godang Kecamatan Aek Bilah, Kabupaten Tapsel (keluarga Dimson Rambe)

5. Bolon Rambe, (21) Islam, wiraswasta, Desa Tapus Godang Kecamatan Aek Bilah, Kabupaten Tapsel. (keluarga Dimson Rambe)

6. Parsaulian Rambe, (25) Islam, wiraswasta, Desa Hutabarat Kecamatan Aek Bilah, Kabupaten Tapsel. (keluarga Dimson Rambe). (t/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)