Bupati Taput Secara Resmi Menutup Pelatihan Berdasarkan Unit Kompetensi APBD Kabupaten Tapanuli Utara TA 2023 dan Resmi Membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi APBN TA 2023

Bupati Taput Secara Resmi Menutup Pelatihan Berdasarkan Unit Kompetensi APBD Kabupaten Tapanuli Utara TA 2023 dan Resmi Membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi APBN TA 2023

Hendri
By -
0

Bicaranews.com | TAPUT - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Staf Ahli bidang Kesejahteraan Masyarakat Alexander Gultom, Kadis Ketenagakerjaan Sofyan Simanjuntak dan beberapa pimpinan OPD terkait menutup secara resmi Pelatihan Berdasarkan Unit Kompetensi APBD Kabupaten Taput TA 2023 sekaligus membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi APBN TA 2023, bertempat di BLK Silangkitang Kecamatan Sipoholon, Kamis (13/4/2023).

Dalam laporannya Kadisnaker Sofyan Simanjuntak menyampaikan bahwa Seluruh kegiatan pelatihan dilaksanakan di UPTD. BLK Silangkitang Jalan Raya balige km.11 Silangkitang, semua peserta pelatihan yang berjumlah 64 orang adalah masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara yang dibuktikan dengan KTP / KK, untuk semua peserta yang telah mengikuti pelatihan akan diberikan sertifikat nantinya. 

Adapun jenis pelatihan berdasarkan unit kompetensi APBD TA 2023 yaitu pelatihan teknik las (14 Maret hingga 10 April 2023), pelatihan teknik listrik (13 Maret hingga 12 April 2023), pelatihan kejuruan bangunan (13 Maret hingga 6 April 2023) dan pelatihan kejuruan menjahit (13 Maret hingga 18 April 2023). 

Mengawali bimbingan dan arahannya Bupati Nikson Nababan menyampaikan kepada para peserta bahwa meniti karier di dunia kerja harus dibekali keterampilan dan keahlian sesuai bidang ilmu yang ditekuni. Namun, seiring perkembangan zaman, tren dunia kerja turut mengalami perubahan. Berbagai profesi yang sedang naik daun bisa jadi kurang diminati pada satu dekade lalu. Maka, para peserta sebagai sumber daya manusia terlatih perlu memperbarui keterampilan supaya tetap bisa bersaing dengan para fresh graduates dan salah satu cara yang bisa ditempuh dengan mengikuti pelatihan kerja. 

“Saat ini tenaga kerja yang kompeten sangat dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri. Kompeten dalam hal ini adalah memiliki keterampilan kerja yang diperlukan seseorang dengan menunjukkan kemampuannya secara konsisten. Kemampuan tersebut harus memberikan tingkat hasil kinerja yang memadai atau tinggi dalam suatu fungsi pekerjaan yang spesifik.

Selain hard skill, karakter menjadi permasalahan yang penting untuk dikembangkan, sehingga pelatihan di UPTD BLK Silangkitang kabupaten Tapanuli utara diharapkan juga mengedepankan soft skill bagi peserta pelatihan. Keluhan terhadap kualitas tenaga kerja dari beberapa pengusaha yakni tenaga kerja kita masih “payah”, dalam arti masih kurang tangguh, cepat bosan, tidak bisa bekerjasama, kurang jujur, kurang berintegritas, tidak memiliki selera humor, dan muntaber (mundur tanpa berita). Kemampuan berkomunikasi sangat penting untuk terus dikembangkan, guna menunjang kompetensi tenaga kerja dalam persaingan di dunia kerja” ujar Bupati mengawali.

Selanjutnya Bupati Taput menjelaskan bahwa dalam upaya mendukung peningkatan keterampilan masyarakat Tapanuli Utara khususnya usia muda yang produktif, maka pemerintah kabupaten Tapanuli Utara melalui dinas ketenagakerjaan selalu melaksanakan program pelatihan kerja yang terdiri dari beberapa program pelatihan, seperti: 

1. Pelatihan kejuruan menjahit (garmen)

2. Pelatihan kejuruan bangunan

3. Pelatihan kejuruan teknik listrik

4. Pelatihan kejuruan las 

5.Pelatihan pertanian

“Untuk tahun 2023 ini dilaksanakan 4 paket program pelatihan yang bersumber dana dari APBD Kabupaten Tapanuli Utara TA 2023 dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 64 orang. Program pelatihan yang bersumber dana dari APBN TA. 2023 masih ada 2 paket program pelatihan yang belum berjalan salah satunya pelatihan kejuruan bangunan yang dibuka hari ini.

Saya juga berharap semoga untuk tahun depan akan semakin banyak lagi program pelatihan yang dapat dilaksanakan di UPTD Balai Latihan Kerja Silangkitang, baik itu sumber dananya dari APDB, APBN, Provinsi ataupun pihak swasta,” tutur Bupati.

Menutup arahannya Bupati Nikson Nababan menyampaikan harapannya 

“Melalui pelatihan ini diharapkan kepada semua peserta pelatihan agar memanfaatkan keahlian/ keterampilan yang telah diperoleh selama mengikuti pelatihan dalam mencari pekerjaan ataupun membuka usaha mandiri untuk menjadi manusia yang sukses. Teruslah belajar dan tingkatkan kemampuanmu untuk lebih unggul lagi.

Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada instruktur dan semua pihak / panitia yang mendukung terlaksananya pelatihan ini sehingga bisa berjalan lancar dan sesuai dengan sasaran / tujuan yang diharapkan” tutup Bupati Nikson Nababan. 

Dalam kesempatan sebelumnya salah seorang peserta Juan Lumbantobing menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara.

“Terima Kasih kepada Bapak Bupati Tapanuli Utara Bapak Nikson Nababan yang sudah memberikan kesempatan bagi kami untuk ikut pelatihan yang mendukung untuk memperoleh skill dan pengetahuan yang menjadi bekal kami dimasa depan, kiranya kami juga bisa mendapat peluang dari Bapak / Pemkab Taput untuk bisa menjadi tempat kami berkarya. Kami juga mengucapakan terima kasih kepada instruktur yang membimbing kami pelatihan di sini, kami bersyukur pengalaman dan ilmu kami bertambah banyak. Semoga dengan pelatihan ini kami bisa menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa khususnya bagi Kabupaten Tapanuli Utara,” ungkap Juan Lumbantobing. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)