Parsadaan Harianja Dohot Boruna se - Indonesia Tabur Puluhan Ribu Benih Ikan di Danau Toba

Parsadaan Harianja Dohot Boruna se - Indonesia Tabur Puluhan Ribu Benih Ikan di Danau Toba

Hendri
By -
0

Bicaranews.com | PANGURURAN - Jelang Musyawarah Besar (Mubes) dan syukuran pembangunan Rumah Parsaktian yang akan digelar pada Juli 2023 mendatang, Pengurus Parsadaan Harianja dohot Boruna se - Indonesia (PHBI) melaksanakan kegiatan penanaman pohon sebanyak 5.600 batang serta penaburan puluhan ribu benih ikan di Danau Toba, di Desa Onanrunggu, Kecamatan Onan Runggu, Sabtu (11/3/2023).

Kegiatan ini diawali doa bersama di Tugu Harianja, kemudian menuju pelabuhan untuk menabur benih ikan di Danau Toba. Kemudian kembali ke lokasi tugu untuk melakukan penanaman pohon, serta melanjutkan acara.

Dalam sambutannya, Ketua panitia pelaksana kegiatan Dr Tuangkus Harianja menyampaikan, 5.600 penanaman pohon itu terdiri dari jenis Pohon Durian, Makamedia, Jengkol, Mangga, Petai dan Rambutan. Bibit pohon itu segera dibagikan kepada seluruh keturunan Marga Hariandja berada di Kabupaten Samosir. 

Untuk jenis bibit ikan yang ditabur di perairan Danau Toba, Tuangkus menyebut, ada dua jenis ikan, yakni Nila dan Mas. “Kegiatan ini dilakukan prapesta syukuran PHBI pada 7 - 8 Juli. Hadirnya PHBI turut melestarikan dan menjaga alam di wilayah Danau Toba,” terang Tuangkus.

Tuangkus juga menjelaskan di puncak acara pada Juli mendatang, akan digelar pesta syukuran PHBI dan Mubes. Tujuan acara untuk mempererat rasa persaudaraan di antara seluruh Pomparan Raja Parhoris Harianja yang ada di seluruh Indonesia bahkan dunia, kemudian menggali nilai kearifan lokal yang membangun SDM Pomparan PHBI untuk menghargai jasa para pendahulu PHBI, mewariskan rasa kebanggaan terhadap nilai budaya Batak di keluarga besar Harianja, serta memberikan nilai tambah secara internal maupun eksternal sebagai wadah organisasi dalam melindungi dan meningkatkan harkat martabat seluruh pomparan PHBI.

“Melalui kegiatan ini kita mengajak seluruh pomparan PHBI di manapun berada agar hadir di Bulan Juli memeriahkan pesta syukuran yang dilaksanakan di Samosir dengan motto kita bersama ‘Au do Ho, Ho do Au’,” ajak Tuangkus.

Pantauan di lapangan, tampak seluruh Pomparan Harianja yang hadir, sangat antusias mengikuti seluruh kegiatan dari awal hingga akhir.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua Umum PHBI H Wilson Harianja, President Indonesia Maritime Pilots Association (INAMPA) Parsaoran Herman Harianja sekaligus sebagai Wakil Ketua Panitia pesta Syukuran PHBI 2023, Ketua Panitia Lokal (Samosir) Umri Harianja serta pengurus PHBI kabupaten/kota wilayah Sumatera dan PHDB Sejabodetabek berikut para penasehat PHBI. (was/bn) 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)