Jaga Stabilitas dan Ketersediaan Bahan Pokok, TPID Kabupaten Tapanuli Utara Lakukan Operasi Pasar

Jaga Stabilitas dan Ketersediaan Bahan Pokok, TPID Kabupaten Tapanuli Utara Lakukan Operasi Pasar

Hendri
By -
0

Bicaranews.com | TAPUT - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak didampingi beberapa Pimpinan Perangkat Daerah yang tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersama Polres Tapanuli Utara dan Kodim 0210/TU melaksanakan kegiatan Operasi Pasar di Grosir, Toko Ritel Modern dan Pasar Tradisional Kecamatan Siborongborong. (Siborongborong, 21 Maret 2023).

Operasi Pasar dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas harga dan ketersediaan kebutuhan pokok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Bulan Suci Ramadhan serta Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Dalam Operasi Pasar tersebut, Tim Pengendali Inflasi Daerah menemukan bahwa ketersediaan bahan pokok cenderung stabil dan tidak ditemukan perbedaan harga yang cukup signifikan untuk produk seperti beras, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, telur dan daging ayam. 

Untuk menjaga stabilitas dan ketersediaan kebutuhan pokok, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si menginstruksikan para Pimpinan Perangkat Daerah khususnya yang tergabung dalam TPID Kabupaten Tapanuli Utara untuk : 

1. Melakukan dan melaporkan monitoring harga komoditas pangan terpilih setiap hari. 

2. Membuat program Pasar Murah untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pangan pada Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H. 

3. Membuat analisa kebutuhan dan ketersediaan daging, ikan tawar, susu dan telur di Kabupaten Tapanuli Utara. 

4. Tetap melakukan sidak pasar untuk mengetahui kondisi ketersediaan dan harga bahan pokok selama bulan Suci Ramadhan 1444 H. 

Dalam kesempatan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak berharap berharap langkah - langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara beserta Forkopimda dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok bermanfaat bagi masyarakat. 

"Kita berharap langkah-langkah konkret Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara beserta Forkopimda dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan kebutuhan pokok selama bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H dapat memberikan manfaat positif untuk masyarakat khususnya selama Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah. Semoga ketersedian dan harga bahan pokok tetap stabil," ucap Asisten Marihot Simanjuntak. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)