Bupati Taput Nikmati Durian Musang King Di Kecamatan Garoga

Bupati Taput Nikmati Durian Musang King Di Kecamatan Garoga

Hendri
By -
1

Bicaranews.com | TAPUT - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Ketua DPRD Taput Rudi Nababan, Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Indra Sahat Simaremare, M.Si dan beberapa Pimpinan PD menikmati durian Musang King hasil Budi Daya Durian Musang King yang dikelola oleh salah seorang masyarakat Garoga sekaligus sebagai Anggota DPRD Taput asal Garoga Sahat Sibarani, SE. Garoga, Jumat (17/3/2023). 

Bupati Taput menuju kebun durian tersebut dengan mengendarai motor trail bersama para rombongan OPD dari Dusun Sibudil melalui Parinsoran Kecamatan Garoga.

Bupati dan rombongan juga menikmati Makan siang yang disajikan oleh pemilik kebun tersebut  dan setelah makan Siang, Bupati langsung menikmati durian Musang King hasil kebun yang  memiliki luas 20ha.

Bupati Taput sangat mengapresiasi usaha Sahat Sibarani karena bisa mendukung perekonomian Taput melalui sektor pertanian dan juga bisa menjadi akses tujuan wisata kuliner.

"Saya sebagai kepala Daerah sangat mengapresiasi Masyarakat yang mau menjadi pelopor, seperti yang kita liat saat ini Bapak Sibarani sudah menjadi pelopor, pelopor produksi pertanian dan perkebunan durian Musang King yang sangat menjanjikan. Saya berharap ke depannya semakin banyak lagi Masyarakat yang menjadi pelopor seperti Pak Sibarani," ujar Bupati Nikson Nababan.

"Mudah-mudahan infrastruktur jalan jembatan menuju Garoga segera kita tuntaskan sehingga ini kelak bisa menjadi agrowisata dan tujuan wisata, kalau mau makan durian Musang King dan durian monthong datang ke Garoga Tapanuli Utara" ungkap Bupati Nikson Nababan.

Adapun budi daya durian Musang King seluas 20 hektar dan sebanyak 2000 batang berada di 4 (empat) desa, yakni Desa Parmanukan, Desa Gonting Garoga, Desa Garoga Sibargot Dusun Bulu Payung hitam, dan Desa Sirpang Bolon.

Menurut Sahat Sibarani , Durian Musang King dan Durian Montong ini menghasilkan buah bagus ketika ditanam pada ketinggian di bawah 1000 MDPL. 

Untuk buah durian jenis durian Montong dihargai 40 ribu/kg di pasaran dan untuk hasil dari 20 ha bisa menghasilkan 300-400 juta pertahun. 

Sementara durian jenis Musang King dapat dibandrol seharga 200 ribu/kg dan bisa menghasilkan 1,5 hingga  2 milyar permusim. Sangat luar biasa, bisnis budi daya durian di bidang pertanian yang sangat menjanjikan. 

Menurut Sahat Sibarani, durian jenis Musang King ini sudah menghasilkan dalam jangka waktu 5 (lima) tahun, dengan bibit yang ditanam setinggi satu meter. 

"Dalam setahun ini, sudah banyak wisatawan dan studi banding dari daerah lain atau Kabupaten lain ke kebun duren ini. Untuk ke depan akan diproduksi bibit di lahan ini sehingga masyarakat yang membutuhkan bibit durian Musang King akan lebih mudah mendapatkannya," ungkap Sahat Sibarani. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Tags:

Posting Komentar

1Komentar

Posting Komentar