13 Museum Mengikuti Pagelaran Festival Museum Sumatera Utara 2023

13 Museum Mengikuti Pagelaran Festival Museum Sumatera Utara 2023

Hendri
By -
0

Bicaranews.com | MEDAN - Sebanyak 13 museum yang berasal dari Kabupaten atau Kota di Sumatera Utara hadir dalam pagelaran Festival Museum Sumatera Utara 2023 yang diselenggarakan di Museum Negeri Sumatera Utara pada Kamis (2/3/2023).

Acara yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Utara ini berlangsung selama empat hari yakni mulai tanggal 2 hingga 5 Maret 2023.

Adapun 13 museum yang hadir dalam rangkaian kegiatan Festival Museum tersebut adalah Meseum Negeri Sumut, Meseum Perkebunan, Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, Museum Pusaka Karo. Kemudian, Meseum Daerah Kabupaten Langkat, Trans Museum, Museum Perjuangan TNI, Museum Daerah Deli Serdang, Museum GPKP, Kebudayaan Serdang Bedagai, Pahlawan Nasional, Letjen Jamin Ginting, Meseum Tebing Tinggi dan Meseum Batubara.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Utara, Zumri Sulthony pada kata sambutannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah agar sejumlah museum yang ada di Sumut dapat mendekatkan diri dengan masyarakat. 

"Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk dijadikan ajang bagi museum-museum yang ada di Sumatera Utara mendekatkan diri kepada masyarakat serta mengkomunikasikan koleksi-koleksinya secara luas," ujarnya, Kamis (2/3/2023). 

Selain pameran benda sejarah dari 13 museum di Sumatera Utara, acara ini juga menghadirkan sejumlah kegiatan lainnya seperti perlombaan melukis, lomba baca puisi, lomba Aksara Batak, lomba permainan nasional, dan lomba treasure museum. 

"Festival Museum Sumatera Utara tahun 2023 merupakan sebuah kegiatan yang memiliki beberapa agenda diantarnya sejumlah perlombaan mulai dari tingkat SMP hingga SMA dan puncaknya adalah pameran bersama," tuturnya.

Festival Museum Sumatera Utara 2023 dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah. (t/bn)


Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)