Pemkab Toba Luncurkan Pembayaran Retribusi Parkir Non Tunai

Pemkab Toba Luncurkan Pembayaran Retribusi Parkir Non Tunai

Hendri
By -
0

Bicaranews.com | BALIGE - Pembayaran retribusi parkir non tunai melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) diluncurkan Pemerintah Kabupaten Toba, dalam hal ini Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Bank Sumut.

Peluncuran Pembayaran parkir secara non tunai ini dilaksanakan di sekitaran Bundaran Kota Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Senin (20/2/2023).

Bupati Toba, Poltak Sitorus mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, diantaranya Bank Sumut Cabang Balige, Dinas Perhubungan, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah, Camat Balige, yang hadir pada kesempatan tersebut, dan telah mengupayakan digitalisasi dalam penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Toba.

Untuk itu, Bupati Toba meminta semua pemangku kepentingan tidak menolak sistem pembayaran ini, karena membantu petugas bekerja dengan cepat. Disamping itu transaksi yang dilakukan akan lebih akurat.

"Ya mohon maaflah, ngga ada lagi masuk kantong samping. Itu kelemahannya. Tapi nanti diatur bagaimana mereka (petugas parkir) ini lebih sejahtera. Jangan dengan (QRIS) ini, kesejahteraan mereka berkurang. Sudah kita bilang tadi bahwa teknologi itu membuat kita harus lebih sejahtera. Itu harus kita sepakati," ujar Bupati Toba.

"Toba ini sudah dapat penghargaan kategori digitalisasi. Jangan hanya penghargaannya, tapi harus benar-benar dilaksanakan (diterapkan) di masyarakat. Jangan kita launching, kemudian tidak dijalankan," sebutnya menambahkan.

Kepada petugas parkir di lapangan, tidak lupa Bupati mengingatkan, untuk menyapa pemilik kendaraan dengan sikap dan salam Batak Naraja.

"Horas Tulang/Nantulang. Apakah Tulang/Nantulang punya QRIS," kata Bupati Poltak Sitorus mencontohkan bagaimana seharusnya petugas menyapa pemilik kendaraan.

"Bapak-bapak jangan berpikir kita kalah dengan Amerika. (Event) F1H20 yang bertaraf internasional sudah ada di Balige. Jadi bapak-bapak (petugas parkir) ini adalah pelayan yang sudah bertaraf internasional. Jangan lagi berpikir, oh kami di Balige (di kampung). Tidak. QRIS ini dibuat untuk membuat standar pelayanan kita (menjadi) standar internasional," ucapnya memotivasi.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Toba, Herbin Tampubolon, mengatakan tujuan dari peluncuran pembayaran retribusi parkir dengan sistem QRIS ini adalah untuk mendukung dan mendorong transaksi pembayaran digital masyarakat guna mewujudkan keuangan yang inklusif serta meningkatkan integrasi ekonomi dan keuangan digital daerah.

Dijelaskan Herbin, pada tahap awal, pemungutan pemungutan retribusi parkir melalui QRIS akan difokuskan pada lokasi strategis di pusat kota Balige, dan secara bertahap akan diperluas pada seluruh lokasi parkir yang ada di Kabupaten Toba.

Dilaporkan juga, untuk mendukung event F1 Powerboat, Dishub Toba juga telah memfasilitasi pembayaran retribusi parkir menggunakan QRIS pada seluruh kantong parkir umum yang resmi terdaftar, yakni di Lumban Pea, Somba Debata, SMPN 3 Balige, Lumban Gorat, dan Simanjalo.

Kemudian penyerahan secara simbolis barcode QRIS, rompi parkir, dan jas hujan kepada petugas parkir.

Turut hadir Manager Sistem Pembayaran Bank Indonesia Cabang Sibolga, Andri Darmawan, Kepala Bank Sumut Cabang Balige Rudi Pardede, Camat Balige Pantun Josua Pardede, Kabag Perekonomian Jefry Nainggolan, Kabag Prokopim Try Sutrisno Pandapotan, dan lainnya. (t/bn)

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)