Bupati Taput Buka Musrenbang Kecamatan Pangaribuan

Bupati Taput Buka Musrenbang Kecamatan Pangaribuan

Hendri
By -
0

Bicaranews.com | Taput - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si membuka secara resmi Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 tingkat Kecamatan di Kecamatan Pangaribuan, Jumat (10/2/2023). Turut hadir Ketua DPRD Taput Rudi Nababan, Anggota DPRD Toman Silitonga, Jonri Tampubolon dan Mangoloi Pardede, para Pimpinan OPD Tapanuli Utara, Forkopimca, Camat Kecamatan Pangaribuan Mitsu Gultom, para Kepala Desa dan Lurah Kecamatan Pangaribuan beserta tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Tapanuli Utara menyebut, pelaksanaan Musrenbang ini sebagai media interaktif bagi segenap stakeholders dikecamatan untuk menetapkan program dan kegiatan kecamatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program atau kegiatan tahun anggaran berikutnya.

" Forum ini juga merupakan bentuk komitmen bersama di antara para pemangku kebijakan daerah dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel," tutur Bupati.

Disisi lain, Bupati Taput mengatakan, hasil rekapitulasi dari pelaksanaan Musrenbang tersebut harus menjadi dasar dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan ini, sehingga tercipta sinergitas dan sinkronisasi pembangunan. Selanjutnya hasil dari Musrenbang tingkat kecamatan ini akan menjadi bahan kerja dalam forum perangkat daerah sebagai tahapan perencanaan selanjutnya dalam penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPD) Tapanuli Utara tahun 2024.

" Dalam kesempatan ini, kami sampaikan juga untuk kebijakan dan program prioritas dari segi perencanaan bersifat botton up (dari bawah ke atas), yaitu membangun dari penyerapan hasil Musrenbang Kecamatan tahun 2024 dalam pencapaian prioritas, " ujar Bupati.

Menurut Bupati Nikson Nababan ada beberapa kriteria yang harus diprioritaskan dalam menyusun perencanaan pembangunan antara lain :  1. Pembangunan Infrastruktur dengan focus meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas jalan, 2. Pembangunan dan Pengembangan Usaha Ekonomi Kerakyatan dengan focus meningkatkan pertumbuhan UMKM, peningkatan kontribusi PDRB sektor perdagangan, meningkat nilai investasi, meningkatkan koperasi berkualitas, 3. Meningkatkan daya saing produk pertanian dan ketahanan pangan yang berkelanjutan dengan salah satu fokus yaitu meningkatkan produksi dan kualitas produk pertanian, 
4. Meningkatkan kualitas layanan Pendidikan dan Kesehatan dengan focus pemulihan standard pendirikan dan meningkatkan layanan Kesehatan yang berkualitas, 5. Pengembangan Wisata dengan fokus meningkatkan pengembangan dan pengelolaan destinasi wisata dan 6. Meningkatkan capaian kinerja pembanganunan dengan fokus diantaranya meningkatkan akuntabilitas kerja, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan.

“ Saya berharapkan kepada seluruh peserta Musrenbang Kecamatan dapat memaksimalkan forum ini guna menghasilkan kegiatan prioritas Kecamatan dan harus sesuai dengan kriteria diatas sehingga nantinya dapat diakomodir pelaksana teknis sesuai dengan usulan yang disampaikan, saya akan tetap perjuangkan apa yang menjadi usulan prioritas Kecamatan ini ” tutup Bupati.

Dalam kegiatan tersebut Kaban Bappeda Litbang Taput Luhut Aritonang, S.Sos memberikan paparan terkait pencapaian pembangunan Tapanuli Utara di tahun 2022 dan Rencana Kerja Tahun 2024 kepada para undangan Musrembang tersebut dilanjutkan dengan pemaparan tentang Pembentukan Bumdes dan Bumdesma oleh Kabid Litbang Ferdinand Sitinjak.

Kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Pangaribuan berlangsung dengan lancar, adanya usulan-usulan dari Kepala Desa se-Kecamatan Pangaribuan yang ditujukan kepada OPD terkait. Adapun usulan  masyarakat Adiankoting yang menjadi prioritas adalah pembangunan fasilitas sekolah seperti perpustakaan dan laboratorium, pembangunan infrastruktur serta rehabilitasi jaringan irigasi. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)