Tingkatkan Digitalisasi Pelayanan Publik, Pemkab Sergai Gelar Pelatihan CMS Bagi Aparatur Desa - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Tingkatkan Digitalisasi Pelayanan Publik, Pemkab Sergai Gelar Pelatihan CMS Bagi Aparatur Desa

Bicaranews.com - | Sei rampah - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya membuka kegiatan pelatihan Cash Management System (CMS) yang diikuti oleh aparatur desa se-Kabupaten Sergai tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati, Sei Rampah, Senin (30/1/2023).

Membuka sambutannya, Bupati yang punya sapaan akrab Bang Wiwik ini menerangkan jika sosialisasi CMS ini secara simpel dapat diartikan sebagai salah satu jenis pelayanan perbankan bagi nasabah instansi/korporasi non-perorangan.

Ia kemudian menjelaskan, lewat sistem CMS tersebut nasabah dapat melaksanakan pengelolaan keuangan secara mandiri dalam jaringan (online). Keunggulan ini, sebut Bupati, merupakan bentuk perkembangan teknologi yang mesti dipahami bersama dalam waktu segera agar dapat diimplementasikan.

Pada kesempatan ini juga, Bang Wiwik mengingatkan kepada seluruh aparatur desa agar memberi dukungan maksimal demi terwujudnya pengelolaan keuangan desa yang tidak hanya transparan namun juga akuntabel. Hal ini, sebutnya lagi, akan semakin didukung lewat kebijakan transaksi non-tunai dalam pengelolaan keuangan desa di mana Pemkab Sergai menjallin kerja sama dengan PT. Bank Sumut lewat aplikasi CMS.

“Lewat digitalisasi dalam pengelolaan keuangan desa, maka laporan keuangan dapat dibuat dengan transparan. Hal ini tentunya dapat meminimalisir tindak korupsi dalam birokrasi desa. Memang proses peralihan ke arah digital bukan hal yang mudah. Namun kalau sudah dikuasai maka segala urusan akan berjalan dengan lebih lancar, terutama dalam kerja pelayanan publik. Selain lebih mudah, digitalisasi ini akan mampu membantu pemerintah daerah untuk melakukan penghematan anggaran,” tambah Bang Wiwik.

Apalagi Bupati menyebut, baru-baru ini Kabupaten Sergai baru saja menerima penghargaan dari Ombudsman RI yaitu peringkat ketiga se-Sumut Zona Hijau pelayanan publik. Prestasi tersebut, mintanya, harus menjadi pemacu dan penyemangat seluruh pihak untuk terus menjaga bahkan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Saya berpesan kepada seluruh Camat, Kepala Desa, dan kepala urusan perencanaan (Kaur) keuangan supaya memiliki pola pikir maju dan bekerja secara profesional,” tandasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Sergai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas PMD Sri Rahmayani, S.Sos., M.Si, perwakilan Kantor Pusat PT. Bank Sumut Rosmidi, Kepala PT. Bank Sumut Cabang Sei Rampah Nuzuwar, SE, MM, Kepala Desa se-Sergai, serta Kaur Keuangan Desa se-Sergai. (Media Center Sergai)

Diberdayakan oleh Blogger.