Sergai Terus Tingkatkan Kualitas SDM ASN Demi Pelayanan Publik yang Lebih Baik - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Sergai Terus Tingkatkan Kualitas SDM ASN Demi Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bicaranews.com|Sei Rampah - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, menerima kunjungan Direktur Jendral (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si., bertempat di Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (13/1/2023).

Dalam sambutannya, Bupati menjelaskan jika kehadiran Dirjen Keuda Kemendagri ini selain untuk bersilaturahmi, juga bertujuan untuk melakukan pembinaan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Sergai, yaitu meningkatkan kapasitas aparatur sipil negara (ASN) dalam pengelolaan keuangan daerah. 

“Kami berharap bapak Dirjen dapat memberikan arahan dan bimbingan kepada kami agar kami dapat mewujudkan tata laksana pemerintahan yang baik. Dengan tata laksana pemerintahan yang baik, akan dihasilkan pelayanan publik yang berkualitas sebagai salah satu perwujudan dari Birokrasi Dambaan yang merupakan salah satu program prioritas di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sergai,” jelas Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini.

Karena itu, Bang Wiwik meminta kepada semua ASN yang hadir, untuk mengikuti acara tersebut dengan maksimal. Menurutnya, peningkatan kualitas SDM yang mewakili perubahan tidak boleh stagnan, harus sinergis dengan perkembangan zaman, atau bahkan berkembang melampaui skill dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjalankan pemerintahan di masa mendatang.

“Kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas ASN ini merupakan suatu langkah awal kita bersama untuk bisa dapat  terus meningkatkan kinerja dan prestasi sesuai target yang dicanangkan pada penyelenggaraan pemerintahaan,” tandasnya. 

Sementara itu di kesempatan serupa, Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan menjelaskan kondisi keuangan di Kabupaten Sergai. Ia menyebut, terjadi peningkatan kebutuhan pembiayaan pada tahun anggaran 2023. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri mengingat keterbatasan potensi pendapatan asli daerah (PAD),

“Dari kondisi keuangan tersebut, besar harapan kami Kemendagri dapat mempertimbangkan penambahan alokasi dana transfer ke Kabupaten Sergai,” ucap Wakil Bupati.

Sebelumnya Agus Fatoni meyakini jika  Sergai mempunyai potensi yang besar, maka dari itu peningkatan SDM harus menjadi salah satu prioritas. Baginya jika suatu daerah memiliki banyak sumber dana, namun tidak diimbangi dengan SDM yang berkualitas maka bisa menimbulkan dampak yang kurang baik.

Kepada ASN di lingkungan Pemkab Sergai, ia mengimbau agar meningkatkan kinerja. 

“ASN harus pintar, cerdas, kreatif, dan tentunya inovatif. Untuk itu perlu rutin ikuti seminar dan tentunya harus banyak membaca supaya memiliki banyak referensi. Kita juga mesti membawa budaya orientasi organisasi perusahaan ke instasi pemerintahaan. Mari ubah mindset menjadi lebih baik, tingkatkan kompetensi, perkuat komitmen dan kekompakan,” jelasnya lagi.

Masih menurut Agus, seorang ASN juga mesti bisa menghasilkan inovasi yang mampu menjadi solusi untuk berbagai permasalahan yang dihadapi di lapangan.

“Saya juga berpesan agar ASN Pemkab Sergai dapat meningkatkan koordinasi dengan kementerian sehingga kinerja bisa lebih meningkat,” ujar Agus.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Plh. Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Simon Saimima, S.STP, M.Si, Sekertariat Dirjen Keuda Drs. Hendra Fitra, M.Si, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, serta para Camat se-Sergai. (MCS/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.