Gempa M 6,2 Guncang Aceh Singkil, Terasa di Kecamatan Pakkat

Gempa M 6,2 Guncang Aceh Singkil, Terasa di Kecamatan Pakkat

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Medan - Gempa magnitudo (M) 6,2 mengguncang wilayah Pantai Selatan Kota S"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, dalam keterangannya, Senin (16/1/2023).

Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 05.30.01 WIB pagi ini di wilayah Pantai Selatan Kota Singkil, Aceh. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 6,2.

Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 1,98° LU; 97,90° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 Km arah Tenggara Kota Singkil, Aceh pada kedalaman 54 km. Daryono mengatakan, gempa bumi tersebut disebabkan dari aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.

'Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menujam ke bawah lempeng Eurasia," katanya.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust)," ungkapnya.

Adapun gempa tersebut berdampak dan dirasakan di daerah Aceh Singkil dan Gunung Sitoli dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), daerah Subulussalam, Aceh Selatan dengan skala intensitas III - IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), dan daerah Padang Sidempuan dengan skala intensitas II - III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Sementara itu BMKG melaporkan, hingga pukul 06.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

BMKG merekomendasikan agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Serta masyarakat diimbau menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupuntidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," ujar Daryono.

TERASA DI PAKKAT

Selain itu, gempa juga dirasakan masyarakat Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). "Lumayan juga getarannya tadi pagi. Sebagian warga disini langsung keluar rumah," ungkap br Sihotang Desa Hauagong, Kecamatan Pakkat.(dtc)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)