Bupati Karo Hadiri Rakornas Penguatan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bupati Karo Hadiri Rakornas Penguatan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang (Kedua dari kiri ) foto bersama dengan kepala daerah lain pada Rakornas yang digelar di Sentul International Convention Center, Bogor, Selasa (17/1/2023).

Bicaranews.com|MEDAN - Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang hadiri Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia, yang digelar di Sentul International Convention Center, Bogor, Selasa (17/1/2023).

Rakornas ini dihadiri oleh unsur Forkopinda Kabupaten, Provinsi dan Kabinet yg mengurusi  Ekonomi, Inflasi, Stunting,  Kesejahteraan Sosial dan percepatan penyerapan anggaran Pemerintah. 

Dalam rakornas yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo ini, presiden memberi arahan kepada setiap pemerintah daerah agar fokus dan optimis dalam upaya penguatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah resesi dan inflasi.

Dalam paparannya presiden menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2022 diperkirakan 5,2%-5,3%. Meskipun bisa melalui tahun turbulensi ekonomi di 2022, dirinya tetap mengingatkan para kepala daerah untuk berhati-hati dalam membuat kebijakan.

“Hati-hati tahun 2023 ini masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi kita juga bagi ekonomi global. Kebijakan sekecil apapun itu harus berbasis pada data dan fakta di lapangan,” ujar presiden.

Lebih lanjut presiden menyampaikan bahwa lembaga IMF memperkirakan 1/3 negara di dunia akan mengalami resesi di tahun 2023, yang artinya kurang lebih 70 negara. Ini menunjukkan situasi ekonomi global masih sulit terutama inflasi yang saat ini menjadi momok bagi negara-negara di dunia.

Meski inflasi di Indonesia sepanjang 2022 masih terkendali, yakni berada pada kisaran 5,5% lebih rendah dibandingkan inflasi di negara-negara lainnya. Namun, presiden tetap meminta seluruh kepala daerah untuk terus memantau harga-harga barang dan jasa yang ada di lapangan.

“Saya minta seluruh gubernur, bupati dan walikota selalu melakukan pemantauan, sehingga selalu terdeteksi sedini mungkin sebelum kejadian besar datang sehingga bisa kita antisipasi" ungkap presiden.(t/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.