Bangun Islamic Center, Pemkot Medan Gelontorkan Rp 432 M dan Rampun 2024 - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bangun Islamic Center, Pemkot Medan Gelontorkan Rp 432 M dan Rampun 2024

Bicaranews.com|Medan - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 432 miliar untuk membangun Islamic Center di Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan. Proyek pembangunan tersebut menerapkan penganggaran multiyears atau tahun jamak.

"Pembangunan Islamic Center yang di Medan Labuhan itu menggunakan skema multiyears," kata Kepala Bidang Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Bangunan Pemerintah, Dinas Perkim Kota Medan, Herbert Hamonangan Panjaitan kepada detikSumut, Selasa (10/1/2023).

Pembangunan tersebut sudah dimulai sejak tahun 2022 yang lalu. Di tahun pertama, Pemkot Medan menghabiskan anggaran sebesar Rp 22 miliar.

Anggaran Rp 22 miliar tersebut digunakan untuk menimbun pertapakan Islamic Center yang berada di lokasi rawa. Selain itu, biaya tersebut juga digunakan untuk memasang tembok penyangga tanah timbun yang terbuat dari bambu.

"Jadi anggaran Rp 22 miliar di tahun 2022, kita melakukan pengerjaan penimbunan tanah, pemasangan penahan tanah memakai bambu, dan menerima tanah galian dari revitalisasi Lapangan Merdeka Medan," ungkapnya.

Luas areal yang disiapkan oleh Pemkot Medan untuk membangun Islamic Center tersebut seluas 21,56 hektare. Di mana 13 hektare untuk pertapakan bangunan Islamic Center, sedangkan sisanya untuk membuat kolam retensi yang mengelilingi bangunan Islamic Center tersebut.

"Luas arealnya itu sebenarnya 21,56 hektare, namun yang kita bangunkan untuk Islamic Center adalah 13 hektare. Sisanya untuk kolam retensi, yang berguna untuk menampung air dan untuk memperindah," sebutnya.

Sedangkan di tahun 2023 dan 2024 nanti, pengerjaan akan masuk ke tahap rekonstruksi dengan biaya masing-masing Rp 159 miliar dan Rp 251 miliar. Untuk tahun 2023, proses lelang direncanakan rampung di triwulan pertama.

"Tahun 2023 ini kita siapkan Rp 159 miliar, sedangkan di 2024 nanti Rp 251 miliar. Proses lelang targetnya selesai di triwulan pertama," bebernya.

Sehingga secara akumulatif, dana yang digelontorkan oleh Pemkot Medan untuk membangun Islamic Center selama tiga tahun tersebut adalah Rp 432 miliar. Islamic Center tersebut rencananya akan rampung di Desember 2024 nanti.

"Rencananya kita selesai di Desember 2024, tapi kalau memungkinkan kita akan kejar di Agustus," tutupnya.(dtc)

Diberdayakan oleh Blogger.