732 anggota PPS se-Kabupaten Toba Dilantik - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

732 anggota PPS se-Kabupaten Toba Dilantik

Bicaranews.com|TOBA - Bupati Toba Poltak Sitorus mengharapkan peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menjadi 90 persen, dari Pemilu sebelumnya yang masih berada di kisaran 81 persen.


Hal ini dikatakan Bupati Poltak Sitorus dalam kata sambutannya, saat menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Panitia Pemilihan Suara (PPS) se-Kabupaten Toba, di Gedung Serbaguna Laguboti, Selasa (24/1/2023).

Lebih lanjut, Bupati Toba berpesan agar anggota PPS yang baru dilantik harus serius mengikuti setiap pelatihan, sehingga tidak sampai salah dalam melaksanakan tugas. Anggota PPS juga harus dapat memahami dengan baik, apa-apa saja tugas dan fungsi masing-masing.

"Jadi kita harus sepakat mengedukasi masyarakat. Mendorong masyarakat supaya mereka menggunakan hak pilihnya. Bapak ibulah yang kita harapkan, garda terdepan mensukseskan pemilu ini. Makanya persiapkan matang-matang, terutama kesehatan, jangan sampai sakit," ujar Bupati Poltak Sitorus.

Karena anggota PPS merupakan perwakilan semua desa yang ada di Kabupaten Toba, maka Bupati meminta sikap dan kepribadian Batak Naraja dapat diterapkan/disosialisasikan kepada masyarakat dalam setiap kegiatan atau pelayanan. 

"Mari kita sambut wisatawan dengan kepribadian Batak Naraja. Kalau orang Batak itu, sangat baik kepada tamu (menghormati dan memprioritaskan tamu)," tuturnya.

Menyambut tamu atau wisatawan yang akan datang ke Toba dapat ditunjukkan dengan sikap ramah, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, memberikan selimut yang bagus, dan menghidangkan lauk yang enak.

Kemudian menyiapkan rumah menjadi homestay atau penginapan dengan menawarkan harga yang sewajarnya, karena hotel tidak akan muat menampung semua wisatawan pada ajang F1H2O 24-26 Februari mendatang.

"Selamat sekali lagi, kerja keras, fokus, berikan kepedulian, (tunjukkan) bahwa kita betul-betul hadir, dan jangan sampai ada di situ (dalam pemilu) kecurangan," katanya lagi.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Toba, Henri M. Pardosi meminta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS tetap solid, sehingga KPU Kabupaten Toba semakin kuat, untuk dapat mensukseskan pemilu 2024.

"732 orang (PPS), dan 80 anggota PPK se-Kabupaten Toba. Jadi saya kira massa yang hadir hari ini, inilah wajah KPU, wajah senyum. Kalau menurut saya, memang penyelenggaraan itu identik dengan senyum. Tapi ada juga pekerja yang selalu cemberut. Mulai sekarang senyumlah. Tunjukkan kinerjamu," sebut Henri Pardosi memotivasi.

Pelantikan PPS ini juga dihadiri unsur Forkopimda, perwakilan OPD, Camat, rohaniawan, dan undangan lainnya.(mct/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.