Perkuat Sinergitas Lapas Siborongborong Gandeng TNI/Polri Cegah Gangguan Kamtib Jelang Pergantian Tahun - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Perkuat Sinergitas Lapas Siborongborong Gandeng TNI/Polri Cegah Gangguan Kamtib Jelang Pergantian Tahun

Bicaranews.com|Siborongborong - Jelang pergantian tahun 2022 menuju 2023, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Siborongborong di Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, menjalin sinergitas dengan TNI/Polri guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) umum di lingkungan Lapas.

Untuk itu, Kepala Pengamanan Lapas (Ka KPLP) bersama jajaran, bekerja sama dengan TNI/Polri menggelar razia dadakan dengan menyasar seluruh blok hunian warga binaan. razia dadakan berlangsung sejak pukul 09.00- 15.00 WIB.

"Razia dadakan blok hunian hari ini, sebagai bentuk pencegahan gangguan Kamtib di lingkungan Lapas Siborongborong, jelang pergantian tahun dengan menjalin sinergitas dengan TNI/Polri," kata kepala lapas Siborongborong, Parlindungan Siregar, Senin (26/12/2022) di Lapas Siborongborong.

Kata Kalapas, sebelum melakukan razia blok hunian warga binaan, terlebih dahulu disosialisasikan hak- hak dan kewajiban warga binaan dan imbauan kepada seluruh warga binaan untuk senantiasa menjaga ketertiban di Lapas Siborongborong. Kemudian dilanjutkan dengan penggeledahan ke kamar blok hunian oleh petugas Lapas, bersama-sama dengan personel TNI/Polri.

Pada razia blok hunian, Ka KPLP Lapas Siborongborong, Yusrifa Arif dan tim pengamanan Lapas, terlibat langsung dengan mengerahkan 15 petugas pengamanan (KPLP), dengan melibatkan personil TNI dari Koramil 18 Siborongborong dan Polsek Siborongborong. Selain menggeledah seluruh blok hunian, razia dadakan juga dilakukan dengan tes urine secara acak kepada warga binaan penghuni blok.

Tes urine bagi warga binaan dilakukan dengan langkah-langkah seluruh penghuni di dalam kamar masing-masing, tetap berada di dalam blok hunian. Petugas kemudian mengecek ke blok hunian yang dituju, guna memastikan situasi dalam keadaan aman dan tertib.

Tim razia kemudian melakukan penggeledahan Blok Kamar hunian, dengan mencatat dan menyita barang-barang yang tidak diperbolehkan berada di kamar.

"Untuk tes urine, tim razia dadakan memilih warga binaan secara acak yang akan melakukan tes urine. Pengambilan tes urine yang dipilih, dengan pengawasan TNI/Polri dan petugas Lapas Siborongborong. Dari 55 warga binaan yang menjalani tes urine, semuanya dinyatakan negatif," jelas Kalapas.

Kalapas Siborongborong, Parlindungan Siregar berharap kedepannya akan terus melakukan kontrol dan penggeledahan blok hunian secara rutin. 

"Penggeledahan dan tes urine untuk menciptakan situasi aman dan terkendali akan dilaksanakan dengan berkelanjutan guna mengantisipasi gangguan kamtib," kata Kalapas. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Diberdayakan oleh Blogger.