Kabar Gembira! Stadion Baru di Sumut Akan Segera Dibangun

Kabar Gembira! Stadion Baru di Sumut Akan Segera Dibangun

Rambe
By -
0

Ilustrasi

Bicaranews.com|Medan - Kabar gembira, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PPUPR) memastikan pihaknya akan membangun satu stadion baru di Sumut untuk memenuhi kebutuhan pelaksanaan PON XXI/2024.

"Setidaknya dalam dua atau tiga bulan ke depan pembangunan stadion di Sumut tepatnya di Desa Sena Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deliserdang, sudah dapat dilaksanakan. Selain Sumut, di Aceh juga akan dibangun satu stadion, " ujar Direktur Prasarana Strategis Kementrian PUPR, Essy Asiah, pada Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN), tentang "Strategi Sumut dan Aceh Meningkatkan Prestasi Olahraga dan Kebangkitan Ekonomi Daerah", Jumat (16/12/2022) di Jakarta.

Pada FGD yang turut dihadiri Wakil Ketua KONI Pusat Suwarno, Ketua PWI Pusat Atal S Depari, Ketua Panitia HPN 2023 H Mirza Zulhadi, dan Ketua SIWO Pusat Gungde Ariwangsa, Essy lebih lanjut mengatakan, Kementerian PUPR dalam hal ini adalah sebagai pekerja.

Pihaknya sebelum ini menanti Perpres terkait hal tersebut. Namun akhirnya didapat kepastian tidak ada Perpres baru tetapi tetap menggunakan Perpres 120 tentang "Penugasan Khusus dalam Rangka Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur".

"Soal desain stadion sebelumnya juga menjadi kendala terlambatnya pembangunan ini. Namun untuk Sumut disepakati menggunakan basic desain, justru dari Aceh yang desainnya saat ini disebut masih membahasnya, " ujarnya.

Sebelumnya Ketua Umum PWI Pusat Atal Depari mengatakan, HPN 2023 di Sumut Pebruari 2023, juga dimanfaatkan untuk mendorong pembangunan stadion di Sumut sebagai fasilitas PON.

Atal menilai langkah PPUPR luar biasa karena sudah menyiapkan anggaran untuk pembangunan stadion di Sumut dan Aceh.

Sebagai putra daerah Atal meragukan penyelenggaraan PON 2024 tepat waktu, karena hingga saat ini belum ada tanda-tanda.

"Melalui FGD ini diharapkan terjaring masukan-masukan dari berbagai pihak untuk mensukseskan PON 2024 di Sumut dan Aceh," katanya.

Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik didampingi Sekretaris SR Hamonangan Panggabean menyampaikan, pertemuan ini diharapkan mendorong percepatan pembangunan sarana dan prasaran PON, khususnya stadion.

"Masyarakat Sumut merindukan hadirnya stadion baru setelah Stadion Teladan Medan yang dibangun pada PON 3 tahun 1953," katanya.

Diharapkan juga keseriusan Pemerintah Provinsi Sumut untuk menyambut Kementerian PUPR yang sudah menyiapkan anggaran untuk membangun stadion.

Ditambahkan Farianda, dalam HPN nantinya akan digelar seminar nasional mengenai pelaksanaan PON di Sumut. PWI sebagai tuan rumah HPN ikut mendorong agar pelaksanaan PON 2024 sukses dan terbangunnya Stadion baru tepat waktu. (ant/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)