Ribuan Warga Padati Pesta Tugu Silahisabungan - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Ribuan Warga Padati Pesta Tugu Silahisabungan

Bicaranews.com|Silahisabungan - Ribuan warga padati pesta partangiangan dan budaya luhutan bolon pomparan raja Silahisabungan, Minggu (13/11/2022) di halaman Tugu makam raja Silahisabungan, Huta Silalahi Nabolak, Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi. 

Perhelatan pesta budaya yang diadakan rutin tiap tahun tersebut menyajikan beragam kegiatan adat dan tradisi budaya dari suku Batak Toba dan Pakpak yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun.

Pesta partangiangan dan budaya luhutan bolon pomparan raja Silahisabungan dimulai dari tahun 1981 dengan bekerjasama (Sisada Hasuhuton) bolahan amak (tuan rumah) berganti-ganti yang dimulai dari Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja,  Dabarida Raja, Debang Raja, Batu Raja, dan Tambun Raja. Debang Raja sudah 4 kali menjadi bolahan amak yaitu tahun 1989, 1997, 2005, dan 2013. Pada tahun 2022 ini, Debang Raja kembali menjadi bolahan amak untuk kelima kalinya. 

Ketua umum panitia pesta partangiangan dan budaya luhutan bolon pomparan raja Silahisabungan Bolahan Amak Debang Raja tahun 2022, Mangatas Marulitua Sidebang menyampaikan program dan kegiatan yang dilaksanakan pada pesta tahun ini yaitu pelaksanaan adat dan budaya sesuai tradisi raja Silahisabungan, adanya pagelaran seni budaya (pementasan drama Sagusagu Marlangan) dan juga dilakukan perbaikan sara dan sarana di tugu Tumaras dan sekitarnya yang dapat dijadikan objek wisata, selanjutnya pembangunan mual Parisian Ompung Debang Raja di Huta Sagala, juga dilakukan pembangunan mual paridian ompung  Debang Raja di Huta Sagala serta pemberian bantuan pendidikan kepada pomporan Debang Raja.

Selanjutnya Mangatas juga mengungkapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi atas partisipasi dan dukungan yang telah diberikan pada acara ini. Diakuinya, Pemerintah Kabupaten Dairi secara khusus Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu telah perintahkan beberapa OPD terkait demi kelancaran acara ini

"Sejauh ini, semua OPD yang terlibat bekerjasama dengan baik pada acara ini, semoga acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar," Ucapnya

Selanjutnya,  Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu melalui Camat Silahisabungan, Landong Napitu mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan partangiangan dan budaya luhutan bolon pomparan raja Silahisabungan Bolahan Amak Debang Raja tahun 2022. 

Landong juga mengajak untuk seluruh pomparan Raja Silahisabungan untuk dapat bekerjasama dan bergandengan tangan dalam membangun dan menjadikan Silalahi sebagai destinasi wisata unggulan

"Mohon maaf pak Bupati kita tidak bisa hadir pada saat ini, karena beliau dalam masa berduka, dimana putra bungsu beliau telah meninggal dunia pada Jumat lalu dan hari ini dikebumikan. Namun beliau telah titip pesan kepada saya, untuk menyampaikan dan mengajak seluruh pomparan raja Silahisabungan untuk dapat bekerjasama menjadikan Silalahi menjadi destinasi wisata unggulan," Ujarnya. (rel/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.