Gembok Pintu Sel Dirusak, 6 Tahanan Polres Toba Kabur, 4 Sudah Ditangkap - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Gembok Pintu Sel Dirusak, 6 Tahanan Polres Toba Kabur, 4 Sudah Ditangkap

Bicaranews.com|TOBA - Sebanyak enam tahanan rumah tahapan polisi (RTP) Polres Toba, Sumatera Utara (Sumut) kabur. Dari enam itu, empat di antaranya sudah ditangkap kembali.

Kapolres Toba, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, SIK, SH melalui Kasie Humas Iptu Bungaran Samosir saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan kembali 4 dari 6 orang tahanan kabur dari RTP Polres Toba. "Empat orang berhasil ditangkap oleh jajaran Polres Toba," katanya, Selasa (15/11/2022).

Dijelaskannya, sekitar jam 13.30 Wib team berhasil menagkap 2 orang tersangka dari Porsea. Kedua tersangka yang berhasil ditangkap yakni Rebana Mardova Lubis atas kasus Pencurian Pasal 363 KUHPidana dan Monray Sibarani (27) dengan kasus Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba.

Berselang beberapa jam kemudian 2 orang tersangka yang kabur kembali berhasil ditangkap oleh Satreskrim Polres Toba dan tiba di Mako Polres Toba jam 15.28 Wib dengan kondisi kedua tersangka mengalami luka tembak pada kaki sebelah kiri ke dua tersangka.

Dua tersangka yang berhasil ditangkap bernama Dennis Grantikno Sibuea dengan perkara Narkotika Pasal 114-112 dan Jumadi Tambunan Titipan Narkotika Sat Narkoba Polres Toba. Dua tersangka ini berhasil di tangkap setelah dilumpuhkan dengan tima panas oleh petugas karena berupaya mencaba melawan petugas saat dilakukan penangkapan.

Ia juga mengimbau kepada para tersangka yang melarikan diri supaya menyerahkan diri sebelum nantinya diambil tindakan tegas sesuai prosedur Hukum dan SOP Kepolisian.

"Kepada masyarakat dan keluarga yang melihat  dan mengetahui atau menemukan keberadaan para tersangka juga diminta untuk langsung melaporkan kepada pihak Polres Toba atau polres terdekat atau mlelaporkannya melalui ke Call Center 110 dan Wa 0813 9635 7035," ujar Bungaran.

RUSAK PINTU SEL

Sebanyak  6 orang tahanan Polres Toba melarikan diri dari Ruang Tahanan Polisi (RTP) Mako Polres Toba pada Selasa (15/11/2022) sekira jam 03.15 Wib. Para tahanan yang melarikan diri adalah tahanan kasus narkoba dan kasus pidana pencurian. Di mana, para tersangka ini 3 terjerat kasus narkoba dan 3 orang lainnya kasus pencurian masih sedang menjalani penyelidikan dan pemeriksaan.

"Saat para tersangka melarikan diri dari tahanan, sesuai hasil pemeriksaan sementara oleh tim penyelidik Polres Tob tidak ada ditemukan kerusakan yang di timbulkan oleh para tersangka saat berupaya melarikan diri. Keenam tahanan kabur dari pintu Sel Ruang Tahanan Polisi Polres Toba," sebutnya.

Sementara kronologis kejadian kaburnya tahanan dari sel tahanan Mako Polres Toba masih dilakukan upaya pendalaman dan peneriksaan atau masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh tim yang berkompeten dari Polres Toba.

"Terkait dengan larinya ke 6 tahanan, beberapa personil yang saat itu menjalankan tugas penjagaan bersama Perwira Pengawas (Pawas) saat ini sedang menjalani pemeriksaan di Divisi Propam Polres Toba guna pemeriksaan lebih lanjut sebab musabab penyebab larinya ke 6 tahanan," ujarnya.(t/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.