Dilantik Senin Besok, Elfin Nainggolan Dilantik jadi Pj Bupati Tapteng Gantikan Yetti Sembiring - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Dilantik Senin Besok, Elfin Nainggolan Dilantik jadi Pj Bupati Tapteng Gantikan Yetti Sembiring

Bicaranews.com|Medan - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, mencopot Yetti Sembiring dari jabatannya sebagai Pj Bupati Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Jabatan itu kemudian diamanahkan kepada Elfin Iliyas Nainggolan, Inspektur Wilayah III Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut, Zubaidi, mengatakan, Elfin Nainggolan akan dilantik Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, pada Senin (14/11/2022). "Senin depan Pak Elfin dilantik oleh Pak Gubernur, di Aula Tengku Rizal Nurdin pukul 8 pagi," ujarnya, Jumat (11/11/2022) malam.

Zubaidi mengatakan, perihal penggantian tersebut merupakan kewenangan di Kemendagri. "Tentu ada evaluasi-evaluasi, dan aturannya memang seperti itu, semua Pj kepala daerah dievaluasi Kemendagri," jelasnya.

Zubaidi juga tidak menampik jika penggantian Yetti sebagai Pj Bupati Tapteng itu adalah karena usulan DPRD Tapteng juga. "Kemarin itu ada usulan DPRD Tapteng ke Mendagri, tanggal 29 September 2022, untuk penggantian Ibu Yetti. Ini mungkin juga ada pengaruhnya ya," ungkapnya.

Diketahui dari isi surat yang ditandatangani Ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu, disebutkan alasan pengusulan pergantian Pj Bupati Yetti Sembiring adalah karena dinilai kurang baik. Hal itu menyebabkan kordinasi dan birokrasi tidak berjalan dengan baik.

Namun dari 3 nama yang diusulkan untuk mengganti Yetti, tak satu pun diakomodir Kemendagri. Adapun 3 nama itu adalah:

1. Rahmat Saleh Jambak, jabatan Kepala BKPSDM Kabupaten Tapteng.

2. Herman Suwito jabatan Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Tapteng.

3. Agus Tripriyono, jabatan Staff Ahli Gubernur Sumut, bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset dan SDA.

Sebelumnya, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, melantik Sekdakab Tapteng, Yetti Sembiring, sebagai Pj Bupati Tapteng, Selasa (24/05/2022) bersamaan dengan pelantikan Sekda Kota Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyathi, sebagai Pj Wali Kota Tebing Tinggi.

Sumber: medanbis

Diberdayakan oleh Blogger.