SMP Negeri 3 Medan Gelar Festival Hari Batik Nasional 2022 - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

SMP Negeri 3 Medan Gelar Festival Hari Batik Nasional 2022

Bicaranews.com|Medan - Sebagai bentuk apresiasi sekaligus pelestarian Batik sebagai warisan budaya, SMP Negeri 3 Medan menggelar Festival Hari Batik Nasional 2022 yang dilaksanakan mulai Kamis, 13 Oktober hingga 14 Oktober 2022 di lapangan SMP Negeri 3 Jalan Pelajar Medan. Kegiatan tersebut diisi dengan Fashion Show batik dan menggambar serta mewarnai batik. 

Pelaksana tugas SMP Negeri 3 Medan Ariffuddin mengatakan pada bicaranews.com, batik merupakan Warisan Budaya Nusantara yang harus dilestarikan keberadaannya. 

Dia menjelaskannya, kegiatan ini menjadi momen yang ditunggu - tunggu para peserta didik karena mereka telah mempersiapkannya sejak beberapa hari sebelumnya." Siswa yang mengikuti Fashion Show merupakan siswa yang ditunjuk sebagai wakil masing - masing kelas," sebutnya.

Ariffuddin juga menambahkan Festival Hari batik Nasional 2022 ini merupakan wujud praktik yang penting bagi kami dalam menanamkan kecintaan terhadap budaya yang dimiliki bangsa Indonesia kepada siswa agar kelak menjadi pemimpin bangsa yang bangga dan dapat melestarikan budaya Indonesia.

"Sejak penetapan 2 Oktober Hari batik Nasional bermula saat pada 2 Oktober 2009 atau 13 tahun yang lalu, yakni batik telah ditetapkan sebagai daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO atau warisan Budaya Takbenda (WBTb) pada sidang UNESCO di Abu Dhabi," tambahnya.

"Penetapan itu merupakan yang ketiga kalinya bagi Indonesia setelah Kris dan Wayang yang terlebih dahulu masuk ke daftar ICH UNESCO. Jadi Kita perlu bangga karena batik selain sebagai warisan budaya leluhur yang bukan hanya milik bangsa kita tapi juga merupakan milik bangsa dunia," imbuh Ariffuddin. 

Dalam Acara Festival hari batik nasional 2022 ini turut hadir Perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Medan, Para guru, para siswa SMP Negeri 3 Medan, Pengurus OSIS SMP Negeri 3 Medan, Para undangan. (Bn) 


Pewarta : Hendri

Diberdayakan oleh Blogger.