Puluhan Truk Bansos Polda Sumut Terus Mengalir Ke Tapanuli Utara - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Puluhan Truk Bansos Polda Sumut Terus Mengalir Ke Tapanuli Utara

Bicaranews.com|Taput - Pasca terjadinya gempa bumi yang terjadi di kabupaten Tapanuli bantuan dari berbagai instansi pemerintahan, Perusahaan Swasta dan Pribadi telah berdatangan melalui poskoh penanggulangan bencana alam terpadu Kabupaten Tapanuli Utara. 

Salah satu bantuan yang sangat dibutuhkan masyarakat Tapanuli Utara pasca gempa,  saat ini adalah bahan material bangunan seperti Semen, Besi, Batu Bata, Seng dan sejenisnya. 

Hingga saat ini tercatat sudah 57 truk dari Polda Sumut dan jajaran yang telah tiba di taput membawa bahan material bangunan. Bantuan kemanusiaan tersebut di tampung di gedung nasional, Jl. Letjend Suprapto Tarutung, Taput yang selanjutnya akan diserahkan oleh polda sumut kepada posko bencana 

Hal ini sangat membantu dan mendukung proyeksi dari posko penanggulangan bencana Tapanuli dimana perbaikan rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan yang menjadi prioritas sehingga bahan-bahan bagunan sangat di butuhkan.

Sebelumnya Polda sumut & Jajaran telah mengirimkan 12 truk sembako, bantuan makanan serta 295 personil Polda sumut guna mendukung program penyelamatan , bantuan makanan, tenda pengungsian dan pembersihan reruntuhan yang hingga saat ini dapat di rasakan oleh masyarakat terdampak gempa di Tapanuli Utara. 

Saat dikonfirmasi wartawan seputar bantuan bahan material dari Polda Sumut, Kapolres Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi SIK. MH membenarkan, bahwa bantuan dari Polda Sumut dan jajaran terus mengalir dan saat ini dalam proses bongkar muat dan pendataan.

Tentu bantuan kemanusiaan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Taput yang jadi korban gempa dan meringankan beban atas kejadian ini.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi bersama Bupati Nikson Nababan dan unsur Forkopimda lainnya melepas rombongan petugas penyaluran bantuan ribuan zak semen serta uang tunai demi upaya perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang melanda Taput.

Posko Gempa Tapanuli Utara telah menerima sumbangan yang akan dibagikan sesuai dengan kebutuhan untuk seluruh korban yang mengalami kerusakan rumah sesuai pendataan kepala desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas yang telah diverifikasi dan divalidasi tim Posko. 

Setiap material dan uang yang sudah diterima akan langsung didistribusikan kepada para korban dampak bencana.

Kami mohon bantuan Kapolsek, camat dan Koramil untuk dapat mengawal bantuan tersebut," terangnya.

Penyaluran bantuan ribuan zak semen diangkut menggunakan 10 unit mobil truk untuk disalurkan ke kecamatan penerima bantuan.

Sementara, bantuan dalam bentuk uang akan dibagi dengan perbandingan besaran bantuan untuk rusak berat, rusak sedang dan ringan dengan komparasi 5:2:1, dan masing-masing akan menerima dengan perincian Rp.750.000 untuk rusak berat, Rp. 300.000 rusak sedang, dan Rp.150.000 untuk rusak ringan.

Sebanyak 1.822 rumah warga rusak hasil verifikasi dan validasi data tim posko. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Diberdayakan oleh Blogger.