Polda Sumut Dan Polres Taput Terapkan Trauma Healing Bagi Warga Traumatis Gempa Bumi Di Huta Tinggi Parmonangan

Polda Sumut Dan Polres Taput Terapkan Trauma Healing Bagi Warga Traumatis Gempa Bumi Di Huta Tinggi Parmonangan

Hendri
By -
0

Bicaranews.com|Taput - Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi SIK.MH menjelaskan, Polda Sumut bersama Polres Taput telah menggelar kegiatan trauma healing bagi warga Desa Huta Tinggi Kecamatan Parmonangan Taput.

Sebanyak 70 warga yang terdiri atas 30 orang dewasa dan 40 anak menerima trauma healing dengan tingkat trauma menengah ke tinggi.

Kegiatan yang digelar, Senin, 3 Oktober 2022, sejak pukul 09.00 WIB dengan melibatkan Ipda dr Deasy Handayani Purba (Personil Polres Taput), Ipda Halim Perdana Kusuma, S.H., M.Psi. (Personil Bagpsikologi Ro SDM Polda Sumut), Brigadir Syukri Santoso, S.Psi. (Personil Bagpsikologi Ro SDM Polda Sumut), Bripda Rizky Ananda (Personil Bagpsikologi Ro SDM Polda Sumut), Jhon Hower Alfredo Sembiring (TKK Sidokkes Polres Taput).

Kegiatan diawali dengan melakukan koordinasi dengan pihak posko dan Kepala Desa Huta Tinggi, melaksanakan sambang ke rumah warga yang terdampak bencana alam (Gempa) sekaligus melaksanakan trauma healing kepada warga setempat;

Petugas memberikan pertolongan pertama kepada warga yang mengalami trauma, menguatkan kondisi psikologis warga yang terdampak bencana alam (gempa) agar kuat menghadapi musibah ini, mengajak anak-anak bermain sekaligus melaksanakan trauma healing sehingga anak-anak dapat kembali ceria.

Sebagian masyarakat masih mengalami trauma apabila masuk ke dalam rumah. Hal ini juga dirasakan oleh anak-anak.

Tim Kesehatan memberikan pemeriksaan kesehatan terhadap masyarakat yang mempunyai keluhan kesehatan akibat Gempa Bumi.

A. Manalu warga Hutatinggi menyampaikan terimakasih kepada Polda Sumut dan Polres Taput atas inisiatifnya untuk memberikan trauma healing kepada kami masyarakat.

Saat terjadinya gempa 1 Oktober yang lalu, kami masyarakat sempat mengalami trauma khusus nya anak-anak kami. Dengan di laksanakan nya kegiatan trauma healing ini , tekanan fsisikis yang sempat kami rasakan bisa pulih kembali, dan anak - anak kami juga sudah bisa beraktifitas normal dan sudah bisa mengikuti proses belajar di sekolah. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)