Forkopimda Taput Salurkan Bantuan Semen Hingga Uang Tunai Untuk Perbaikan Rumah Rusak Akibat Gempa Bumi - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Forkopimda Taput Salurkan Bantuan Semen Hingga Uang Tunai Untuk Perbaikan Rumah Rusak Akibat Gempa Bumi

Bicaranews.com|Taput - Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi bersama Bupati Nikson Nababan dan unsur Forkopimda lainnya melepas rombongan petugas penyaluran bantuan ribuan sak semen serta uang tunai demi upaya perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang melanda Taput.

Kegiatan pelepasan digelar Jumat, (7/10/2022), sekira pukul 17.30 WIB di Desa Huta Tinggi Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara.

Posko Gempa Tapanuli Utara telah menerima sumbangan yang akan dibagikan sesuai dengan kebutuhan untuk seluruh korban yang mengalami kerusakan rumah sesuai pendataan kepala desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas yang telah diverifikasi dan divalidasi tim Posko.

setiap materil dan uang yang sudah diterima akan langsung didistribusikan kepada para korban dampak bencana.

Kami berharap bantuan Kapolsek, Camat dan Koramil untuk dapat mengawal bantuan tersebut."

Bantuan semen diangkut menggunakan 10 unit mobil / truk yakni Trado 300 Zak Semen @50Kg, Colt Diesel BB 8253 B, 150 Zak Semen @40 Kg, Colt Diesel BB 9001 B

200 Sak Semen @40 Kg, Colt Diesel BB 8342 B, 150 Sak Semen @40 Kg, Colt Diesel BB 8184 B, 100 Sak Semen @50 Kg, Colt Diesel BB 8280 B, 125 Sak Semen @50 Kg, Colt Diesel BB 8336 B 125 Sak Semen @40 Kg, Mobil Satpol PP

92 Sak Semen @50Kg, Mobil Perusda BB 8943 BC, 160 Sak Semen 50 Kg, Mobil Satpol PP BB 8271 B, 60 Sak Semen @50 Kg.

Sementara, bantuan dalam bentuk uang akan dibagi dengan perbandingan besaran bantuan untuk rusak berat, rusak sedang dan ringan (5:2:1) dan masing-masing akan menerima dengan perincian Rp.750.000 untuk Rusak Berat, Rp. 300.000 Rusak Sedang, dan Rp.150.000 Rusak Ringan.

Sebelum kegiatan pelepasan, Rombongan juga melakukan Pengecekan perbaikan rumah rusak berat terdampak Gempa di desa Huta Tinggi, dimana perbaikannya dilakukan oleh Tiga Pilar, adapun rumah tersebut merupakan milik Pantun Taraja, Sriminda Pasaribu, dan Andri Sotarduga Simanjuntak.

Kepala BPBD Tapanuli Utara Bonggas Pasaribu menerangkan bahwa untuk kecamatan Parmonangan terdapat 276 rumah terdampak gempa dengan perincian Rusak ringan : 12 rumah, Rusak Sedang : 216 rumah, Rusak Ringan : 48 rumah.

Secara global, Kadis Perkim Tapanuli Utara Budiman Gultom menerangkan bahwa adapun jumlah rumah terdampak sebanyak 1.285 rumah di 6 kecamatan.

Selain bantuan uang, masyarakat juga akan menerima bantuan berupa sembako dan material bangunan.

Kajari Tapanuli Utara Moch Suroyo,SH pada kesempatan itu mengatakan agar sumbangan yang terkumpul dan dibagikan sesuai kebutuhan dengan tujuan membantu meringankan beban agar dapat dipergunakan memperbaiki rumah, sumbangan yang diterima jangan dilihat dari besarannya.

Terkait laporan kerusakan, Kejaksaan, Kepolisian dan Pemkab akan melakukan peninjauan, pemeriksaan dan verifikasi.

Masyarakat juga diminta agar jangan membuat pemberitaan bohong dan menyebarkan informasi hoax karna dapat disangsi pidana.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Bupati Nikson Nababan, Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi, S.I.K,M.H, Dandim 0210 Letkol Inf Hari Sandra, Kajari Taput Moch Suroyo, Hendra Hutabarat Ketua PN Tarutung, Rudi Sitorus Kakan Satpol PP, Bonggas Pasaribu Kepala BPBD Taput, Budiman Gultom Kadis Perkim Taput, Para Kapolsek, Danramil dan Camat dari 6 kecamatan yang terdampak gempa bumi. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Diberdayakan oleh Blogger.