Bupati Taput Pimpin Rapat Forkopimda Tentang Tanggap Bencana

Bupati Taput Pimpin Rapat Forkopimda Tentang Tanggap Bencana

Hendri
By -
0

Bicaranews|Taput - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Forkopimda Tapanuli Utara didampingi Sekretaris Daerah Taput Drs. Indra Simaremare, M. Si dan Kaban BPBD Bonggas Pasaribu dan beberapa pimpinan perangkat daerah terkait memimpin rapat Forkopimda tentang tindak lanjut tanggap bencana,  bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Kamis (6/10/2022). 

Bupati  menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Taput dalam menetapkan kesepakatan Forkopimda terkait penyaluran donasi Tapanuli Utara Margogo agar dapat sampai ke masyarakat yang terdampak gempa pada Sabtu 1 Oktober 2022 

Gempa bumi yang telah terjadi mengakibatkan banyak kerusakan pada bangunan-bangunan fisik seperti rumah penduduk, tempat ibadah, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, kantor pemerintah dan juga kantor swasta serta sarana-prasarana lainnya.

Menanggapi hal tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tapanuli Utara menyepakati beberapa hal, antara lain

Bahwa Tanggap Darurat Bencana Alam Gempa Bumi di Kabupaten Tapanuli Utara diperpanjang selama 7 (tujuh) hari kedepan mulai 8 Oktober hingga 14 Oktober 2022. Penyaluran bantuan uang hasil donasi pihak ketiga kepada masyarakat yang mengalami kerusakan rumah dengan kategori rusak berat, sedang dan ringan menggunakan formula 5 : 2 : 1, (kecuali pemilik 3 unit rumah yang telah diperbaiki di Desa Hutatinggi Kecamatan Parmonangan, atas nama Bona Simamora, Andri Simanjuntak dan Pantun Simamora), Penyaluran bantuan bahan material bangunan rumah penduduk dan rumah ibadah menggunakan formula 5 : 2 : 1 (kecuali gedung milik pemerintah dan swasta /private sector), Bantuan dari BNPB sebesar Rp. 250.000.000,- yang telah ditransfer dan akan diberikan kepada TNI/Polri sebagai anggaran operasional,

Agar bantuan bahan bangunan yang telah tersedia di gudang segera disalurkan, Bantuan sembako yang belum disalurkan berupa beras sebanyak 1.975 kg, gula sebanyak 353 kg, minyak goreng sebanyak 1.085 liter menjadi stok di Posko Penanganan Darurat Bencana Alam Gempa Bumi Kabupaten Tapanuli Utara, Jumlah donasi dari pihak ketiga di rekening Tapanuli Utara Margogo per tanggal 6 Oktober 2022 pukul 16.14.47 WIB sebesar Rp. 579,451,674, dan telah digunakan sebesar Rp. 150.000.000,-. Sehingga SALDO AKHIR sebesar Rp. 429,451,674,-, Perbaikan kerusakan RSUD Tarutung agar segera dilaksanakan dengan menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) Tahun Anggaran 2022.

Adapun Jumlah fasilitas yang terdampak per tanggal 6 Oktober 2022 antara lain : rumah penduduk  yang rusak ringan 1308 unit, rusak sedang 468 unit, rusak berat 352 unit. Tempat ibadah yang rusak ringan 21 unit, rusak sedang 4 unit, dan rusak berat 22 unit, fasilitas pendidikan rusak ringan 15 unit, rusak sedang 2 unit, dan rusak berat 22 unit. Fasilitas kesehatan rusak ringan 14 unit, dan kantor pemerintahan rusak ringan sebanyak 7 unit dan rusak berat 4 unit. 

Bupati menyampaikan dalam penanganan bencana di daerah, semua leading sektor harus berperan aktif turut bekerja dan bertanggungjawab dibawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Utara. 

Bupati juga menghimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan informasi yang datangnya bukan dari aparatur yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya sehingga kemudian malah menimbulkan kekisruhan dan mungkin potensi yang dapat merugikan. Jika aparat terkait mengeluarkan peringatan, maka peringatan tersebut dipastikan bersamaan dengan langkah-langkah ikutan berupa evakuasi atau apa pun nantinya berdasarkan kondisi real di lapangan. 

Untuk diketahui bahwa donasi Tapanuli Utara Margogo masih dibuka dan dibutuhkan uluran kasih dari semua pihak. Semua bantuan akan dilaporkan secara transparan dan berkala serta pemanfaatan juga akan tepat guna dan tepat sasaran. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)