Brimob Dan Direktorat Sabhara Polda Sumut Terjun Langsung Bantu Penanggulangan Gempa Bumi Taput. - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Brimob Dan Direktorat Sabhara Polda Sumut Terjun Langsung Bantu Penanggulangan Gempa Bumi Taput.

Bicaranews.com|Taput - Sejak terjadi gempa bumi di Kabupaten Taput pada 1 Oktober 2022 hingga saat ini, BKO Brimob & Sabhara Polda Sumut sangat banyak membantu masyarakat dan posko yang terdampak gempa.

Sesaat setelah terjadi gempa yang diperkirakan mulai pukul 02.28 WIB, dini hari, Polri langsung bergerak untuk melakukan patroli untuk mengimbau dan membangunkan masyarakat bahwa telah terjadi gempa agar segera keluar dari rumah dan berlindung di tempat yang aman, untuk menghindari jatuhnya korban.

Kemudian Polres Taput dan jajaran Polsek langsung melakukan evakuasi beberapa korban yang luka dalam peristiwa tersebut ke rumah sakit Tarutung, sembari melakukan pendataan korban luka maupun kerusakan-kerusakan rumah.

Minggu, 2 Oktober 2022, Polda Sumut langsung menurunkan Brimob dan personil polda turun ke taput dengan membawa bantuan kemanusiaan beras, sembako, tenda dan selimut bagi warga taput.

Setelah personil dari Polda sumut serta bantuan kemanusiaan tiba, bersama dengan personil Polres Taput langsung membantu posko bencana untuk mendistribusikannya ke masyarakat.

Kemudian personil Brimob, membuka dapur umum untuk membantu stock makanan di Posko penanggulangan bencana terpadu Kabupaten Taput serta masyarakat sekitar di Desa Hutatinggi Kecamatan Parmonangan, hingga saat ini. 

Demikian halnya, upaya pembersihan reruntuhan bangunan serta rehabilitasi rumah warga yang rusak tak luput dari peran personil yang diturunkan oleh Polda Sumut


Bupati Taput Nikson Nababan sangat mengapresiasi terciptanya kolaborasi tiga pilar yang terdiri dari Pemkab Taput, TNI, Polri dalam upaya penanggulangan dampak bencana gempa bumi yang melanda Taput.

"Kita sangat mengapresiasi langkah cepat dan tanggap TNI serta Polri dalam membantu masyarakat di tengah gempa bumi yang melanda.

Hal yang sama disampaikan oleh salah seorang warga Tarutung M Nainggolan. Patut kita mengapresisasi langkah cepat Brimob dan Direktorat Sabhara Poldasu .

Saya lihat dan saksikan sendiri, kerja keras mereka untuk membantu masyarakat yang terdampak  bencana alam yang terjadi. Tanpa kenal lelah kerja keras mereka masyarakat sangat terbantu. 

Secara bersama-sama dengan TNI dan Pemda Taput, warga terlayani dengan baik.

Kapolres Tapanuli Utara AKBP Johanson Sianturi SIK.MH menuturkan, Bromob dan Sabhara Polda Sumut hingga saat ini masih aktif bekerja di lapangan bersama dengan tiga pilar yaitu TNI-Polri dan Pemda.

BKO Brimob dan direketorat Sabhara Polda untuk turun ke Taput,  merupakan inisiatif bapak Kapolda untuk membantu penanganan dampak dari bencana yang terjadi agar masyarakat tidak resah dan tidak kauwatir. (Bn) 


Pewarta : Maruli Sihombing

Diberdayakan oleh Blogger.