Bupati Taput Pimpin Rakor Kegiatan SPAM IKK Tarutung TA 2022 - 2023

Bupati Taput Pimpin Rakor Kegiatan SPAM IKK Tarutung TA 2022 - 2023

Hendri
By -
0

Bicaranews.com|Taput - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Kadis Perukim Budiman Gultom pimpin Rapat Kordinasi Pelaksanaan Kegiatan SPAM IKK Tarutung TA 2022 - 2023 di Sopo Rakyat Rumah dinas Bupati, Rabu 28 September 2022

70 Tahun Krisis air minum di Tapanuli Utara khususnya kecamatan Tarutung, Sipoholon dan Siatas Barita akan segera teratasi.

Hal tersebut dibuktikan dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Sistem Penyimpanan Air Minum (SPAM) di Tarutung antara BWS Sumatera II dengan pemerintah kabupaten Tapanuli Utara, Rabu (28/9/2022) di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati.

Bupati Nikson Nababan dalam sambutan dan arahannya berharap krisis air minum dapat teratasi di masa kepemimpinannya.

“Saat baru menjabat, saya mengetahui krisis air minum sudah menjadi permasalahan di Tapanuli Utara, untuk itu saya berprinsip untuk segera dapat mengantisipasi hal tersebut dengan menyampaikan langsung kepada Kementrian terkait,” ungkapnya.

Hal itu disebabkan sumber air semakin lama semakin habis dan pertambahan penduduk semakin bertambah.

Melalui perjuangan keras dan dukungan anggota DPR RI Sukur Nababan yang all out, akhirnya pembangunan SPAM untuk mengatasi krisis air minum di Tapanuli Utara terwujud.

“Lanjutan Pembangunan SPAM IKK Tarutung ini merupakan rupiah murni, tidak utang disaat Indonesia dihadapkan pada pelemahan ekonomi global dan tekanan inflasi yang meningkat,” ungkap Bupati Taput

Perjuangan Bupati Taput Nikson Nababan dalam mengatasi krisis air minum di Tapanuli Utara terjawab setelah Kementrian PUPR kembali melanjutkan pembangunan SPAM IKK Tarutung tahun 2022-2023 lanjutan dari pembangunan sebelumnya dari BWS Sumatera II tahun 2021.

Proyek multi years pembangunan SPAM IKK Tarutung senilai Rp 44,2 Miliar itu akan membangun tiga paket kontrak.

Paket pertama akan membangun jaringan perpipaan dan bangunan pendukung SPAM IKK Tarutung senilai Rp. 30 M oleh PT. Monhas Andesrabat sebagai penyedia jasa.

Paket kedua pembangunan peningkatan IPA struktur baja kapasitas 50 liter per detik senilai Rp. 12,7 M oleh PT. Monhas Andesrabat sebagai penyedia jasa (E-Katalog).

Dan konsultan supervisi peningkatan IPA kapasitas 50 liter per detik dan jaringan perpipaan senilai Rp.1,5 M oleh PT. Silcom Adilara, KSO bersama PT.Prajna Adhi Cakra

“Proyek multi years ini akan mulai dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 dengan masa kerja 365 hari, harapan dan cita-cita kita dengan dibangunnya SPAM IKK Tarutung penyaluran air minum ke rumah warga di tiga kecamatan lancar, dalam hal ini pastinya kita juga akan menjaga kualitas air, kuantitasnya, kontinuitas dan keterjangkauan ” ujar Dwi Atma Singgih Raharja, Kasatker Air Minum Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut Kementrian PUPR .

Hizkia Pasaribu selaku PPK IKK SPAM Tarutung mengatakan, bahwa Pemkab/PDAM sudah terlebih dahulu mempersiapkan lahan dan melaksanakan rencana sosialisasi pra kontruksi kepada masyarakat terdampak kegiatan pemenuhan perijinan serta penentuan perencanaan lokasi Sambungan Rumah (SR), perizinan dan pengaturan lalu lintas selama masa kontruksi disepanjang pembangunan jaringan pipa sepanjang 40 KM. (bn) 


Pewarta : Maruli

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)