Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah I Tinjau 5 Kelurahan di Medan Belawan

Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah I Tinjau 5 Kelurahan di Medan Belawan

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Medan - Persiapan Penanganan Pusat Pengembangan Infrastruktur Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Wilayah I Kementerian PUPR melakukan peninjauan lapangan guna penyiapan Rencana dan Program Penanganan Terintegrasi Kawasan Belawan Kota Medan, termasuk upaya mengatasi kemiskinan ekstrim dan banjir rob. 

Peninjauan yang berlangsung dua hari, Kamis (11/8) dan Jumat (12/8), merupakan tindaklanjut Rapat Koordinasi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution pada 28 Juli 2022 lalu.

Dalam peninjauan Kepala Pusat  Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah I, Dr. Ir. Hari Suko Setiono, M.Eng., Sc. Didampingi Kadis Perumahan Kawasan Permukimaqqn dan Penataaan Ruang Kota (PKP2RK) Medan, Endar Sutan Lubis dan Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap. 

Kementerian PUPR yang dipimpin Hari Suko Setiono meninjau Kelurahan Bagan Deli, Belawan Bahari, Belawan Bahagia, Belawan I, dan Belawan.

Berbagai hal menjadi perhatian tim dari Kementerian PUPR, di antaranya kondisi rumah warga,  jalan lingkungan, drainase, persampahan, sanitasi, tanggul Sungai Deli dan persampahan. Di Kelurahan Belawan Bahari, tim meninjau kondisi rumahwarga, sanitasi, drainase, persampahan, tanggul Sungai Deli, dan kondisi sisi jalan tol.

Hari Suko Setiono mengatakan, dari peninjauan ini mereka dapat melihat secara langsung kondisi di lapangan, sehingga penyiapan rencana dan program Rencana dan Program Penanganan Terintegrasi Kawasan Belawan Kota Medan dapat dilaku dengan baik dan matang.

Dalam peninjauan ini, Hari Suko Setiono melihat permasalahan kekumuhan dan kemiskinan juga banjir rob.

"Yang kita lihat di sini, masalah kekumuhan, kemiskinan yang ada di kawasan Belawan. Kemudian kita lihat juga kondisi rob yang ada di sini," sebutnya.

Hari Suko Setiono menyebutkan salah satu kelurahan, yakni Belawan Bahari. "Kita lihat di Belawan Bahari banyak rumah-rumah panggung. Kondisinya memang sering terjadi rob, sehingga lingkungannya menjadi tidak sehat. Itu yang dipikirkan bagaimana solusinya," sebutnya.

Hasil peninjauan ini, lanjutnya, akan menjadi bahan untuk merancang dan merencanakan, tahapan-tahan selanjutnya dianggarkan.

"Kalau melihat kondisi di lapangan, masalah di Belawan memang harus diatasi," ucapnya.

Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataaan Ruang Kota (PKP2RK) Medan, Endar Sutan Lubis menyambut baik peninjauan yang dilakukan tim dari Kementerian PUPR. Dia mengatakan, salah satu program Wali Kota Medan Bobby Nasution adalah mengatasi banjir rob di Belawan, yang dalam peninjauan ini menjadi salah satu fokus perhatian.(Dinas Kominfo/Bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)