Kapolda Sumut Tinjau Tanah Longsor dan Banjir Bandang di Kecamatan Lumbanjulu,Toba - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Kapolda Sumut Tinjau Tanah Longsor dan Banjir Bandang di Kecamatan Lumbanjulu,Toba

Bicaranews.com|TOBA - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatra Utara (Sumut) Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, tinjau langsung tanah longsor dan banjir bandang, di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba, Minggu (28/8/2022).

Kedatangan Kapoldasu disambut oleh Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, SH, Sik, bersama Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak, Pj Sekda Toba Augus Sitorus, Kepala KPHL wilayah IV Balige Leonardo Sitorus,  Plt Camat Lumbanjulu Herta Simanjuntak, Danramil 12 Lumbanjulu Kapten Inf Sati Husaini, Kapolsek Lumbanjulu AKP Robinson Sembiring.

Dalam tinjauannya, Kapoldasu mengatakan bahwa melihat kondisi terjadinya saat itu air yang cukup deras dari atas desa Jangga Dolok, sampai ke bawah dan berakibat kepada beberapa rumah termasuk juga arus lalulintas mengakibatkan macet yang cukup panjang.

"Melihat apa yang menjadi penyebabnya, bersama wakil Bupati Toba, Kapolres Toba camat lbn Julu. Beberapa hal saya sudah sampaikan kepada Wakil Bupati ini harus segera diatasi. Pemerintah daerah harus merapatkan barisan untuk mengatasi kesulitan masyarakat kita yang tertimpa bencana ini," sebut Kapoldasu Irjen pol Panca Putra Simanjuntak.

Dan bukan hanya mengatasi bencana ini, Panca menyebutkan, tetapi juga mengajak masyarakat dan membuat program untuk jauh ke depan dalam menanggulangi bencana banjir atau tanah longsor .

"Misalnya kenapa debit air yang cukup besar dari atas gunung ini, harus bisa diatasi dengan mempertahankan kondisi hutan dan alam yang ada di dalamnya. 

Termasuk juga, saya minta diperhatikan  karena ini aliran sungai, maka perlu ada relokasi dimana masyarakat bisa tinggal , Dan inilah langkah yang dilakukan," kata Panca Putra Simanjuntak.

Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak, juga menyampaikan terimakasih kepada Kapoldasu, atas kedatangannya. Ia pun (Pemkab Toba) akan segera melakukan pembersihan material longsor dan banjir bandang hari ini juga.

"Apa yang disampaikan oleh Pak Kapoldasu, kita segera laksanakan. Beberapa alat sudah kita turunkan untuk melakukan pembersihan dan akan melakukan relokasi sungai Pokkahan Jangga Dolok," ucap Tonny Simanjuntak.

Tambah Tonny Simanjuntak, Ia juga turut prihatin atas kejadian yang meruntuhkan satu unit rumah milik Ernita Boru Manurung, oleh banjir bandang. "Kita sudah berikan bantuan berupa sembako dan lainnya. Kita akan lakukan dapur umum," sebutnya.

Lebih lanjut, kata Wabub Toba, Pemkab Toba secepatnya akan melakukan rapat koordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk dapat menggulagi bencana ini.

Turut hadir, Plt Kadis Kominfo Toba Sesmon Butarbutar, Plt Kadis Dinsos Toba Sudirman Sirait, Plt Kasat Pol PP Toba Harianto Butarbutar, Kabid pkp Kominfo Rikardo Simamora, Kepala desa Jangga Dolok Bigman Manurung, Tokoh masyarakat Budi Agung Manurung. (t/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.