Limbah Ubi Kayu Bukan Saja Untuk Dikonsumsi Tapi Bisa Untuk Pakan Ternak - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Limbah Ubi Kayu Bukan Saja Untuk Dikonsumsi Tapi Bisa Untuk Pakan Ternak

BicaraNews.com|Langkat - Ubi kayu atau singkong rebus bukan saja untuk dikonsumsi manusia baik untuk digoreng menjadi keripik. Namun, limbah ubi kayu yang sudah tidak bisa dipergunakan lagi bisa dikelola menjadi pakan ternak.

Seperti Usaha Dagang milik Mas Hendro di Langkat Indan Perumnas Asabri di Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Kini Usaha Dagang Mas Hendro bergerak dibidang pemasaran Keripik Cinta yang terbuat dari olahan ubi kayu atau ubi makan. 

Saat ditemui wartawan dilokasi, pak Zulkifly atau biasa dipanggil Merdun menyebutkan, bahwa usaha Keripik Cinta ini sudah hampir 10 tahun dibuka dan maju pesat. 

Belakangan, ada ide Mas Hendro selaku pemodal dan pemilik usaha untuk membuka lowongan kerja bergerak dibidang limbah ubi kayu diolah menjadi pakan ternak bebek, kambing dan lembu," kata Merdun.

"Pertama ubi kayu utuh yang sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi, digiling pakai mesin penggiling hingga lumat lalu dijemur sampai kering hingga menjadi gaplek," ucap Merdun, Rabu (8/6/2022).

Setelah itu dimasukkan kedalam karung untuk dijual kepada pelanggan dan kini harga jual pakan Mas Hendro harganya murah Rp 3.000 per kg. Bagi masyarakat yang memiliki ternak bisa memesan atau langsung ke tempat untuk membelinya.

"Demikian pengolahan pakan ternak bebek pertama ambil pakan secukupnya dan campur dengan air siap untuk konsumsi dan ternak kambing ambil pakan campur dengan air ditambah dengan kosentral, " ujar Merdun. (Bn/Mare)

Diberdayakan oleh Blogger.