89 Rumah Ibadah Terima Bantuan Dana Hibah dari Bupati Taput - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

89 Rumah Ibadah Terima Bantuan Dana Hibah dari Bupati Taput

Bicaranews.com|TAPUT - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Parsaoran Hutagalung, Kabag Kesra Denny Simamora dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan David Nainggolan  menyerahkan bantuan hibah secara simbolis Kepada para pengurus Rumah Ibadah penerima dana hibah pembangunan dan rehabilitasi sarana dan prasarana peribadatan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Tahun 2022 di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara. Tarutung, Jumat (10/06/2022). 

Dalam sambutannya, Bupati Nikson Nababan meminta agar dana hibah digunakan untuk kelancaran dan kenyamanan beribadah. 

"Saya selaku Kepala Daerah meminta kepada ketua panitia pembangunan dan pimpinan rumah ibadah mempergunakan dana tersebut sebaik mungkin untuk rumah ibadah masing-masing. Saya mengerti akan dana yang diberikan oleh pemerintah tidak cukup dan belum sesuai dengan harapan dari panitia, namun besar harapan kami semoga bantuan yang telah diberikan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dapat membantu kelancaran dan kenyamanan beribadah di rumah ibadah masing-masing," ujar Bupati mengawali. 

Bupati Nikson Nababan juga menyampaikan agar masyarakat Tapanuli Utara selalu menerapkan Pancasila dan nilai-nilai Adat dalam aktivitas sehari-hari. 

"Kabupaten Tapanuli Utara memliki keberagaman budaya, ras dan agama, mari kita tetap bergandengan tangan dalam membangun tapanuli utara yang kita cintai ini. Saya berharap masyarakat Tapanuli Utara tetap menjaga nilai-nilai agama dan nilai-nilai adat dalihan natolu agar tercipta keharmonisan serta kerukanan umat beragama. Mari kita tetap menerapkan Pancasila dan selalu menjaga kebhinekaan di Kabupaten Tapanuli Utara," ujar Bupati menambahi. 

Sebelum menyudahi arahannya, Bupati Nikson Nababan meminta dukungan dan doa untuk mewujudkan pendirian Universitas Umum Negeri  di Tapanuli Utara. 

"Dalam kesempatan ini saya juga meminta doa dan dukungan saudara semua agar Pemerintah Pusat segera mewujudkan pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya (UNTARA) sebagai Universitas Umum Negeri di Tapanuli Raya yang merupakan solusi terbaik percepatan pembangunan di berbagai sektor. Pendirian Universitas Umum Negeri di Kabupaten Tapanuli Utara akan memberikan efek domino (efek berantai) di berbagai sektor pembangunan sehingga perputaran ekonomi semakin besar di Tapanuli Utara," ujar Bupati mengakhiri. 

Dalam laporannya, Kabag Kesra menyampaikan bahwa bantuan hibah pembangunan rumah ibadah tahun 2022 ini telah tertunda dari tahun 2020 dan 2021. Hal ini disebabkan karena Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara harus melakukan refocusing/realokasi anggaran untuk penanganan covid-19. 

Adapun rumah ibadah yang mendapat bantuan hibah pada tahun 2022 sebanyak 87 rumah ibadah yang terdiri dan 7 Masjid dan 80 Gereja dari 19 denominasi Gereja antara lain denominasi Gereja HKBP, HKI, GKPI, Katolik Paroki Santa Maria Tarutung, Katolik Paroki Santo Kristoforus Siborongborong, Gepkin, GPDI, GPI , GBI, GKPA, GPSI, GKLI, GBKP, Gereja Penyebaran Injil, GSJA, GTDI, Advent

“Besaran Bantuan setiap yang diberikan kepada setiap Rumah Ibadah salah bervariasi yang akan direalisasikan pada bulan Juni dan Juli tahun 2022 dalam bentuk transferan. Pada APBD tahun anggaran 2022 ini Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara menetapkan besaran bantuan hibah kepada pembangunan dan rehabilitasi sarana dan prasarana peribadatan sebesar Rp. 1.650.000.000,- (satu milyar enam ratus lima puluh juta rupiah) pada Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Tapanuli Utara,” jelas Kabag Kesra. 

Dalam kesempatan tersebut, beberapa perwakilan penerima bantuan dana Hibah menyampaikan ucapan terimakasih. Salah seorang ketua panitia dari Gereja Katolik Santo Felix Sidagal Esron Panjaitan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tapanuli Utara atas sambutan yang hangat dan atas perhatian yang luar biasa dari Bupati yang telah memberikan bantuan dana hibah  untuk pembangunan rumah ibadah. 

"Kami sangat terharu dan bangga punya kepala Daerah yang sangat memperhatikan kebutuhan rakyatnya. Terima kasih banyak buat bantuan yang bapak berikan, para jemaat pun turut bersukacita dan mendoakan bapak Bupati Nikson Nababan selalu diberkati Tuhan diberikan kekuatan untuk memimpin Kabupaten Tapanuli Utara dan menjadi panutan kami kedepannya. Kami siap mendukung bapak dalam memajukan pembangunan Kabupaten yang kita banggakan ini," tutur Esron Panjaitan.(t/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.