Tim Gabungan Tolong Korban Kecelakaan di Perairan Danau Toba - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Tim Gabungan Tolong Korban Kecelakaan di Perairan Danau Toba

Bicaranews.com|Parapat - Tim Gabungan Balai Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumatera Utara (Sumut), Kementerian Perhubungan turunkan 4 unit kapal penyelamat dan satu unit Zetsky berseta 13 personel Basarnas, 13 Polairud, 4 Tenaga Kesehatan, Dinas Perhubungan dan TNI/Polri untuk menolong 4 korban kecelakaan yang terobang-ambing di perairan Danau Toba, Sabtu (23/4/2022).

Hal itu digelar dalam simulasi teknik menolong korban akibat kecelakaan di perairan Danau Toba di Pantai Bebas Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun.

Koordinator Satuan Pelabuhan (Korsatpel) Dermaga Ajibata Rijaya Simarmata didampingi Kanit Polairud Danau Toba AKP Doni Gunawan dan Kepala Koordator Basarnas Danau Toba Hisar Turnip meyampaikan tujuan simumasi untuk melatih keterampilan para personel agar professional dan memahami konsep penyelamatan yang hampir serupa dengan kejadian sebenarnya.

Dalam simluasi, kata Simarmata sebanyak 4 unit kapal penyelamat dan satu unit Zetsky berseta 13 personel Basarnas, 13 Polairud, 4 Tenaga Kesehatan, Dinas Perhubungan dan didukung TNI/Polri dilatih sebagai tim gabungan untuk menolong 4 korban kecelakaan yang sengaja ditempatkan terobang-ambing di perairan Danau Toba.

Menurut Simarmata simulasi sudah sesuai dengan prosedur penyelamatan korban di permukaan air danau dan seluruh tim telah melaksanakan tugas dan fungsi sesuai bidang masing-masing.

"Kita berharap personel tim gabungan  diharapakan dapat mempertahankan teknik penyelamatan sesuai dengan hasil simulasi sehingga korban kecelakaan di perairan Danau Toba yang sebenarnya ke depan dapat diselamatkan," ungkapnya.(t/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.