Gedung Pelayanan Perpustakaan Kabupaten Deli Serdang di Resmikan - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Gedung Pelayanan Perpustakaan Kabupaten Deli Serdang di Resmikan

Bicaranews.com|Lubuk Pakam - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan harapkan keberadaan Perpustakaan menjadi salah satu sarana dalam menghadapi tantangan era globalisasi. Karena, kedepan dibutuhkan manusia yang memiliki kreativitas dan inovasi.

Hal tersebut disampaikan Bupati saat acara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat untuk Kesejahteraan, Peresmian Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Deli Serdang, pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Deli Serdang serta Penandatanganan Nota Kesepakatan bersama di Gedung Perpustakaan Umum Baru Kabupaten Deli Serdang, Jumat (11/2/2022).

"Untuk itu, perpustakaan yang berkualitas mampu berkontribusi nyata dalam meningkatkan produktivitas dan taraf hidup masyarakat, mendorong komunitas penggunaannya untuk berpikir kritis, berwawasan luas dan tanggap terhadap permasalahan sosial, serta menjadi pusat informasi, pendidikan, penelitian, pelestarian dan rekreasi bagi masyarakat," ungkap Bupati, H Ashari Tambunan.

Pada rangkaian acara peresmian Gedung Layanan Perpustakaan Kabupaten Deli Serdang, Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang Ny. Hj. Yunita Ashari Tambunan dikukuhkan menjadi Bunda Literasi Kabupaten Deli Serdang  oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs. Muhammad Syarif Bando MM serta penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama antara Perpustakaan RI dengan Kabupaten Deli Serdang, Simalungun , Pakpak Bharat, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara dan Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam dan dilaksanakan Talkshow bertemakan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM).

Lanjut Bupati, sesuai Undang-Undang (UU) No.43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, dan Perka Perpustakaan Nasional RI No.8 tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Kabupaten/Kota. Bahwa setiap daerah kabupaten/kota harus ada gedung fasilitas layanan perpustakaan umum yang sesuai dengan standar nasional perpustakaan daerah kabupaten/kota

"Alhamdulillah dan bersyukur, pada hari ini bersama Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Drs. Muhammad Syarif Bando MM dan anggota Komisi X DPR RI, dr. Sofyan Tan meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan  Daerah Kabupaten Deli Serdang yang baru. Pembangunan Gedung ini dimulai pada tahun 2021, pendanaanya  bersumber dari APBN atas upaya dari berbagai pihak termasuk Bapak dr.Sofyan Tan," kata Bupati.

"Untuk itu, mari kita wujudkan perpustakaan Deli Serdang yang berkualitas dengan mengembangkan beragam program inovatif melalui produk-produk digital," tambah Bupati. 

“Saya ingin menyampaikan penghargaan kepada semua pihak, khususnya Bapak Presiden RI, tidak hanya karena bangunan yang dibiayai oleh APBN tapi lebih dari itu karena pokok-pokok pikiran beliau, keinginan beliau untuk mewujudkan manusia yang cerdas. Yang salah satu upayanya dilakukan melalui ketersediaan berbagai fasilitas. Dan perpustakaan merupakan salah satu fasilitas yang paling penting,” sambung Bupati.

Pada kesempatan yanga sama,  Kepala Perpusnas RI, Drs. Muhammad Syarif Bando MM mengatakan dengan diresmikannya gedung layanan perpustakaan ini merupakan awal kebijakan Pemerintah Deli Serdang untuk mengundang seluruh masyarakat menjadikan perpustakaan sebagai ruang belajar terbuka.

Kepala Perpusnas RI menghimbau agar perpustakaan daerah dapat menyiapkan buku-buku ilmu terapan dan life skill serta buku digital agar masyarakat mendapatkan akses untuk meningkatkan taraf hidupnya. Perpustakaan tidak boleh lagi eksklusif namun inklusif sehingga dapat menjangkau masyarakat marginal yang jumlahnya sangat besar.

“Apakah harus masuk lagi S2-S3 bagi orang yang sudah berkeluarga? Tidak mungkin. Tapi ada buku-buku ilmu terapan. Yang paling relevan itu. Dan inilah yang menjadi pekerjaan besar. Pesan saya, adakan buku-buku ilmu terapan untuk masyarakat dengan dibantu para pegiat literasi,” tegasnya.

Sementara itu,  anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan yang juga turut hadir mengatakan merasa bangga atas peresmian gedung perpustakaan Deli Serdang. Menurutnya Deli Serdang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah dan perlu membangun sumber daya manusia. Dengan begitu sumber daya alam yang ada itu dapat dijadikan produk-produk yang mampu memberikan dampak sosial kesejahteraan bagi masyarakatnya.

“Saya akui Bapak Syarif Bando dan seluruh jajarannya itu cepat dan gesit untuk beradaptasi. Saya harap perpustakaan Deli Serdang juga betul-betul bisa melahirkan inovasi sehingga menjadikan perpustakaan sebagai tempat orang untuk menggali ilmu. Harus mampu melahirkan berbagai kegiatan yang membuat gedung ini sebagai sarana untuk rekreasi sambil belajar,” tuturnya.

Anggota Komisi X DPR RI juga berkomitmen untuk terus mendukung Perpusnas melakukan kegiatan yang sama di berbagai daerah lain. “Saya akan terus berjuang supaya tahun 2023 nanti anggaran Perpusnas harus 1 triliun,” imbuhnya

Hadir pada kegiatan ini, Wakil Bupati Pakpak Bharat H Mutsyuhito Solin,Wakil Bupati Simalungun H. Zonny Waldi, Ketua TP PKK Deli Serdang Ny. Hj. Yunita Ashari Tambunan bersama Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny. Hj. Sri Pepeni Yusuf Siregar , Sekda Darwin Zein S.Sos bersama  Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Herawati Darwin Zein , Kasdim 0204/DS Mayor Inf. Toto Triyanto, Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Dr. Adin Bondar M.Si, Rektor UNUSU Dr. Ibnu Affan SH M.Hum, Rektor Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam Rahmad Gurusinga S.Kep Ns, M.Kep., para Asisten, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Deli Serdang Drs. H. Misran Sihaloho M.Si bersama para OPD lainnya, para penggiat literasi. Dan kegiatan ini juga dihadiri secara virtual oleh perwakilan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.(t/bn01)

Diberdayakan oleh Blogger.