Kunker ke Sumut, Presiden Jokowi Akan Serahkan Sertifikat Hutan Adat di Humbahas - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Kunker ke Sumut, Presiden Jokowi Akan Serahkan Sertifikat Hutan Adat di Humbahas

Bicaranews.com|Humbahas  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara, selama dua hari, pada tanggal 2 sampai 3 Februari 2022. Salah satunya kunjungan itu ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Kepada wartawan, Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, membenarkan akan ada kunjungan kerja Presiden ke daerah Humbahas.

Dari kunjungan itu, Presiden akan membagikan sertifikat hutan adat Pandumaan dan Sipituhuta yang selama ini sudah diidapkan oleh masyarakat.

Pembagian sertifikat tanah ini dilaksanakan di Desa Simangulampe, tepatnya kampung halaman SM Raja Kecamatan Baktiraja.

“Iya, akan membagikan sertifikat hutan adat Pandumaan-Sipituhuta,” kata Dosmar, di kantor Bupati Humbahas, Senin (31/1/2022).

Walau demikian, Dosmar mengaku, belum mengetahui secara pasti tanggal dan waktu kunjungan Joko Widodo ke Humbahas. “Belum tahu, kita lihat aja,” ucapnya singkat.

Hari Kedua

Menurut informasi yang beredar, Presiden Jokowi akan menghadiri sejumlah acara di hari kedua kunjungan kerjanya, di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), pada Kamis (3/2/2022).

Setelah melakukan kunjungan dari Kabupaten Samosir yang sebelumnya dari Kabupaten Toba, dan Kabupaten Simalungun.

Agenda pertama, Jokowi sehabis dari Kabupaten Samosir, naik helikopter super tuma milik TNI AU menuju kantor Bupati Humbahas.

Setelah itu, Presiden menuju lokasi penanaman pohon (UPSA), di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja.

Mengakhiri kunjungannya, Presiden akan menyerahkan SK hutan sosial, yakni sertifikat hutan adat Desa Pandumaan dan Sipituhuta yang sudah lama diidamkan masyarakat Desa Simangulampe, tepatnya di kampung halaman SM Raja, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dan rencananya, Presiden juga akan meninjau pelatihan beberapa siswa -siswi dalam pembelajaran gasing. Yang sebelumnya, makan siang sekaligus ishoma.

Selanjutnya, Presiden bersama rombongan berangkat ke Kabupaten Dairi dengan menaiki helikopter super tuma milik TNI AU.(t/ruangpers/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.