Jalan Provinsi Pangaribuan - Garoga Nyaris Putus, Tembok Penahan Jalan Ikut Terbawa Longsor - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Jalan Provinsi Pangaribuan - Garoga Nyaris Putus, Tembok Penahan Jalan Ikut Terbawa Longsor

Tembok Ambruk dibTaput

Bicaranews.com|Taput - Jalan Provinsi yang menghubungkan Kecamatan Garoga - Pangaribuan tepatnya di Desa Najumambe, Kecamatan Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara nyaris terputus akibat longsor. 

Akibat kondisi itu, arus lalu lintas dari Pangaribuan menuju Garoga dan sebaliknya menjadi terganggu. Kendaraan roda empat dan roda enam menjadi sulit melintasi ruas jalan tersebut.  Selain itu, peristiwa itu juga merusak tembok penahan tanah yang dikerjakan tahun 2021 lalu.

"Akibat longsor tersebut, ruas jalan nyaris putus. Arus lalu lintas kendaraan menjadi terganggu. Untuk kendaraan roda empat saat ini masih bisa melintasi ruas jalan tersebut. Kemudian untuk mobil truk Colt Diesel yang tidak bermuatan juga masih bisa melintas. Saat ini, sudah dilakukan sistem buka tutup bagi kendaraan yang melintas, " ungkap Camat Pangaribuan, Lindung Sianturi, Kamis (13/1/2022) dikutip dari hariansib.

Dia juga mengungkapkan, akibat longsor tersebut, lokasi persawahan beberapa warga juga rusak akibat tertimbun tanah longsor. 

" Kita mengharapkan kepada pihak Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut supaya memberikan penanganan serius atas kondisi ruas jalan provinsi di Najumambe. Di lokasi juga terdapat talut atau tembok penahan tanah yang dikerjakan tahun 2021 lalu juga turut dihantam longsor. Saat ini, alat berat sudah berada di lokasi, " jelasnya. 

Hal yang sama juga dikatakan, Camat Garoga, Budiarjo Nainggolan, dampak longsor tersebut menyebabkan ruas jalan sulit untuk dilintasi kendaraan baik yang datang dari Pangaribuan menuju Garoga dan sebaliknya yang datang dari Garoga menuju Pangaribuan.  

Budiarjo juga mengharapkan, kepada pihak Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut supaya memberikan penanganan serius untuk kondisi ruas jalan Pangaribuan - Garoga ini. 

Terkait hal itu, Kepala UPT Jalan dan Jembatan Tarutung Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara, Rico Sianipar yang dikonfirmasi via telepon selulernya mengatakan, pihaknya akan melakukan penanganan serius terkait kondisi ruas jalan yang longsor di Najumambe tersebut. 

Sumbar:hariansib.com

Diberdayakan oleh Blogger.