Bupati Humbahas Lantik 85 Kades Terpilih - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bupati Humbahas Lantik 85 Kades Terpilih

Bicaranews.com|Doloksanggul - Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE melantik 85 Orang Kepala Desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2021 di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu Doloksanggul, Rabu (5/1/2022).

Hadir pada pelantikan ini, Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Oloan Paniaran Nababan, SH, MH, Forkopimda antara lain Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumbangaol, SH, Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Achmad Muhaimin, SIK, MH, Kajari Humbang Hasundutan, Martinus Hasibuan, SH, Dandim 0210/TU, Letkol Inf. Hari Sandra, Anggota DPRD Jamanat Sihite, Wakil Ketua TP. PKK Ny. Erma Oloan Paniaran Nababan, Sekda Drs. Tonny Sihombing, MIP, sejumlah Pimpinan OPD dan Camat.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutannya menyampaikan agar para kades yang dilantik hari ini melakukan hal-hal yang terbaik di Desa Masing-masing, karena saat ini pembangunan dimulai dari bawah. Setelah selesai pilkades diharapkan agar kepala desa yang dilantik hari ini merangkul semua masyarakat desa baik yang mendukung dan tidak mendukung, serta menghilangkan perbedaan.

Kabupaten Humbang Hasundutan terdiri dari 153 Desa dan 1 Kelurahan. Saya mengajak agar kita bisa bergandengan tangan dan kompak dalam membangun daerah ini sehingga masyarakat bisa sejahtera dan merasakan kehadiran kita ditengah-tengah mereka. Memang kita membutuhkan waktu untuk bisa sejajar dengan kabupaten tetangga, tetapi dengan bersatu padu dan bergandengan tangan, saya yakin mampu mencapainya.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa, perlu digarisbawahi  terkait dana desa. Kepala Desa harus mampu bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang ada di desa seperti BPD, TP. PKK dan lembaga desa lainnya serta tokoh-tokoh masyarakat desa. Dalam pengelolaan dana ini, jangan KKN semisal untuk bendaraha jangan jadikan istri atau suami yang bisa menimbulkan masalah.

Bupati juga menyampaikan agar kepala desa terpilih tidak terfokus pada dana desa saja tetapi harus mampu membangun desa bersama masyarakat dengan BUMDes. Selain itu, sebagai masyarakat yang dominan petani, kepala desa juga harus mengajak masyarakat untuk fokus bertani dengan komoditi yang tumbuh baik di Kabupaten Humbang Hasundutan.  Ada lima komoditi yang harus kita prioritaskan di Humbang Hasundutan padi, jagung, kentang, bawang dan kopi.

Diingatkan kepada kepala desa yang dilantik untuk tidak melakukan pungutan liar (pungli) kepada masyarakat desa.

Dalam laporannya Kadis PMDP2A Binsar Marbun, SPd. MM menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah agar kepala desa dilantik sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai kepala desa. 

Adapun kepala desa yang dilantik berjumlah 85 orang dengan rincian 6 (enam) dari Kecamatan Parlilitan, 7 (tujuh) dari Kecamatan Pollung, 5 (lima) dari Kecamatan Paranginan, 15 (lima belas) dari Kecamatan Doloksanggul, 9 (sembilan) dari Kecamatan Sijamapolang, 5 (lima) dari Kecamatan Onanganjang, 10 (sepuluh) dari Kecamatan Pakkat, 2 (dua) dari Kecamatan Baktiraja, 20 (dua puluh) dari Kecamatan Lintongnihuta dan 6 (enam) dari Kecamatan Tarabintang.  (diskominfo/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.