Piala AFF 2020: Indonesia Cukur Laos 5-1 - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Piala AFF 2020: Indonesia Cukur Laos 5-1

Bicaranews.com|Singapura - Indonesia meraih kemenangan meyakinkan 5-1 atas Laos di laga Piala AFF 2020. Hasil ini membawa Tim Garuda untuk sementara berada di puncak klasemen Grup B.

Indonesia menghadapi Laos di Bishan Stadium, Bishan, Singapura, Minggu (12/12/2021) sore WIB. Pasukan Shin Tae-yong bisa unggul dua gol lebih dulu melalui penalti Asnawi Mangkualam pada menit ke-23 dan Irfan Jaya di menit ke-34.

Sebelum jeda, Laos menipiskan ketinggalan dari Kydavone Souvanny di menit ke-41. Pada babak kedua, penampilan Indonesia membaik dengan masuknya pemain seperti Witan Sulaeman, Elkan Baggott dan Ezra Walian.

Witan dan Ezra bikin gol ketiga serta keempat Indonesia pada menit ke-56 dan 77. Pesta gol Indonesia di laga ini ditutup oleh Evan Dimas pada menit ke-84

Indonesia mengakhiri laga dengan kemenangan 5-1. Hasil ini membawa Tim Merah Putih ke puncak klasemen Grup B dengan enam angka.

Poin Indonesia sama dengan Malaysia, tapi unggul selisih gol. Sementara, Laos terbenam di dasar klasemen dengan belum meraih poin.

Jalannya Pertandingan

Indonesia memegang kendali laga. Laos lebih memilih menunggu untuk meredam Tim Garuda.

Tim Garuda sempat kesulitan membongkar lini pertahanan Laos di awal laga. Buntu, Evan Dimas melakukan tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-17. Percobaan masih tepat di pelukan Keo Oudone.

Pada menit ke-22, kesalahan Kydavone Souvanny menguntungkan Indonesia. Kontrol yang tak cukup baik membuat Kydavone melakukan pelanggaran kepada Alfeandra Dewangga yang merebut bola dari kakinya di kotak penalti.

Wasit menunjuk titik putih untuk Indonesia. Asnawi Mangkualam yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakannya ke arah kiri mengecoh Keo Oudone. Indonesia unggul 1-0.

Laos sempat punya peluang pada menit ke-30 dari tendangan bebas Billy Ketkeophomphone. Tendangan Billy belum berbahaya karena masih melambung dari gawang Ernando Ari.

Lima menit berselang, Indonesia bisa menggandakan keunggulan. Bermula dari Asnawi yang melakukan overlap di sisi kanan, umpan silang kirimannya bisa dituntaskan menjadi gol oleh Irfan Jaya.

Irfan yang berdiri di depan gawang menyontek bola dengan pahanya. Skor berubah 2-0 untuk Indonesia di menit ke-35.

Unggul dua gol, Indonesia lengah pada menit ke-41. Laos lewat serangan balik menipiskan ketinggalan.

Kydavone yang tak terkawal di sisi kanan kotak penalti melepaskan sepakan kencang. Bola bersarang ke pojok kanan gawang Indonesia tanpa bisa dibendung Ernando. Indonesia unggul 2-1 hingga babak pertama tuntas.

Pada awal babak kedua, umpan silang masih menjadi opsi utama serangan Indonesia. Kiriman bola dari sayap beberapa kali mudah dimentahkan lini belakang Laos.

Namun tidak pada menit ke-56, Irfan Jaya yang menusuk dari sisi kiri lebih memilih memberikan umpan tarik. Sodoran bolanya dengan baik disambar Witan Sulaeman yang masuk selepas jeda.

Sepakan Witan bersarang ke pojok kanan gawang Laos. Indonesia menjauh 3-1.

Witan punya peluang mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-68. Ia lolos dari perangkap offside menerima umpan dari Dedik, tapi tembakanya bisa ditepis Solasak Thilavong.

Kehadiran Witan benar-benar menghidupkan serangan Indonesia. Ia menjadi kreator gol keempat Indonesia yang lahir pada menit ke-77. Umpan mendatar dari sisi kanan dengan baik disontek Ezra Walian menjadi gol.

Elkan Baggott hampir menambah keunggulan Indonesia. Namun, sundulannya menyambut sepak pojok masih menerpa mistar.

Gol kelima Indonesia akhirnya lahir pada menit ke-84. Dewangga memberikan umpan panjang terukur yang menjangkau Evan Dimas di kotak penalti Evan dengan tenang bisa menaklukkan Solasak. Skor 5-1 untuk Indonesia menutup laga.

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, M. Edo Febriansah, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho (Fachrudin Arianto); Rachmat Irianto (Elkan Baggott), Evan Dimas, Ricky Kambuaya; Dedik Setiawan (Ezra Walian), Kushedya Hari Yudo (Witan Sulaeman), Irfan Jaya (Ramai Rumakiek)

Laos: Keo Oudone (Solasak Thilavong) Souvanasangso; Kaham Phetsivilay, Xeedee Pomsavanh (Somxay Keohanam), Mitsada Saitalfah (Aphixay Thanakhanty), Thipphachanh Inthavong; Phathana Phommathep, Phoutthasay Khochalem, Loungleuang Keophouvong (Vannasone Douangmaity); Kydavone Souvanny, Bounphacan Bounkong, Billy Ketkeophomphone.(detikcom)

Diberdayakan oleh Blogger.