Peringati HUT ke 138 Pertambangan Minyak, Eksplorasi Minyak di Indonesia Pertama di Langkat

Peringati HUT ke 138 Pertambangan Minyak, Eksplorasi Minyak di Indonesia Pertama di Langkat

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Langkat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat peringati hari ulang tahun (HUT) ke-138 tahun pertambangan minyak di Pangkalan Berandan Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat, Kamis (9/12/2021). 

Dalam kesempatan itu, Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Wakil Bupati Langkat H. Syah Afandin menyampaikan sejarah Pertamina. Dikatakannya, kegiatan eksplorasi minyak di Indonesia dimulai di Desa Telaga Said Kecamatan Sei Lepan, sebagai sumur produksi pertama yang di Bor pada tahun 1883.

Kemudian, disusul Royal Dutch Company di Pangkalan Berandan pada 1885 yang kini menjadi monumen Berandan Bumi Hangus.

"Dari wilayah yang sederhana, mampu membiayai 70 persen APBN. Sehingga bisa memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan Indonesia waktu itu", ucap Syah Afandin. 

Maka melalui peringatan tersebut, kata Wagub, Pemerintah Kabupaten Langkat berharap Pertamina di wilayah Pangkalan Berandan maupun Pangkalan Susu dapat terus menggiatkan usahanya. 

Ia pun mengapresiasi peringatan ini, pentingnya menghargai arti sebuah sejarah untuk menguatkan eksistensi Pertamina Pangkalan Berandan dan Pertamina Pangkalan Susu, agar terus melakukan peningkatan usahanya untuk kebaikan masyarakat dan bangsa. 

Sementara itu, tokoh masyarakat Sumut, Samsul Arifin mengatakan, banyak tokoh sejarah dari Berandan yang mendedikasikan dirinya waktu itu untuk Pertamina. Diantaranya adalah Ibnu Sutowo.

 "Acara ini sebagai bentuk penghargaan bagi mereka. Atas pengorbanan dan dedikasi mereka, hingga tambang minyak bisa terus produksi hingga saat ini," kata Syamsul Arifin.

Syamsul juga mengatakan tambang minyak Pangkalan Brandan di Desa Telaga Said merupakan salah satu bukti sejarah ditemukannya minyak bumi pertama kali di Indonesia.

Diketahui  Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prof. Dr. H. Ibnu Sutowo, D.Sc salah satu tokoh yang mengembangkan PN Permina, perusahaan minyak negara yang kemudian berubah menjadi PT Pertamina. 

Turut hadir Pandam I/BB yang diwakili Kasdam I/BB Brigjen TNI Purwito Hadi Wardoyo, perwakilan dari Polda Sumut, Keluarga Almarhum  Prof. Dr. H. Ibnu Sutowo, Ketua DHD-45 Provsu Mayjen Purn Hasyim, Generalisasi Supervisor pertamina Pangkalan Berandan M Natsir.

Selanjutnya, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik, Ketua PWI Langkat M. Darwis Sinulingga, para Kepala Perangkat Daerah, Forkopimda dan tokoh masyarakat Sumut dan Kabupaten Langkat, serta para undangan lainnya.(t/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)