Kepala Daerah Kawasan Danau Toba Tandatangani Piagam Smart City

Kepala Daerah Kawasan Danau Toba Tandatangani Piagam Smart City

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Parapat - Kepala daerah se-Kawasan Danau Toba hadiri Forum Group Discussion (FGD) dan Penandatanganan Komitmen Bersama menuju Kawasan Toba Smart City di Hotel Niagara Parapat Simalungun, Rabu (1/12/2021).

Sebelum FGD dimulai, kegiatan diawali dengan Penandatanganan komitmen Daerah se-Kawasan Danau Toba untuk bekerjasama dalam mendukung proses pengembangan Kawasan Danau Toba menuju Smart City. 

Adapun Kabupaten yang ikut serta menandatangani Piagam tersebut yakni Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Dairi, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba, Kabupaten Tapanuli Utara, dan Kabupaten Karo, bersama dengan Perwakilan Kemenkominfo RI dan Kementerian Pan RB RI .

Perwakilan Tenaga Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Barry Simorangkir M.Sc mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas kerjasama kepada seluruh Kabupaten di Kawasan Danau Toba sehingga Bimtek Smart City dapat terlaksana dengan baik. “Kiranya FGD Kawasan ini memberi harapan baru untuk kemajuan bersama Danau Toba dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat di Kawasan Danau Toba," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Asisten Deputi  Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Cahyo Tri Wibowo katakan bahwa pembangunan kawasan bukan lagi di instansi atau pemerintah daerah akan tetapi pembangunan kolaborasi antar semua pihak.

Salah satu aspek dalam smart city di dalam Departemen Kemenpan berkaitan dengan smart Governance. Smart Governance ini dalam rangka regulasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, semua instansi pemerintah baik pusat dan daerah bisa berkolaborasi satu dan lainnya untuk mewujudkan smart governance yang memastikan layanan publik dapat tercapai.

Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemkab Humbahas menyambut baik kegiatan FGD Kawasan Danau Toba ini, karena merupakan sarana dalam mensinkronkan Program Pemerintah Menuju Smart City di Kawasan Danau Toba sekaligus mempererat kerjasama dalam Penyusunan Program Unggulan se-Kawasan Danau Toba. 

“Melalui pengembangan Smart City, diharapkan dapat mendukung suksesnya Program Strategis Nasional sebagai Program Unggulan Pemkab Humbahas, yakni Pengembangan Pariwisata Danau Toba, Program Food Estate Hortikultura, Pengembangan Taman Sains Teknologi Herbal Hortikultura, dan Pembangunan Mall Pelayanan Publik”, ujar Wakil Bupati.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Layanan Aplikasi Kemenkominfo RI Bambang Dwi Anggono S.Sos, MTI, Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan SH,MH, Bupati Dairi Dr Eddy Kelleng Ate Berutu, Wakil Bupati Toba Tony M Simanjuntak SE, Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldy S.Sos, MM, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Perwakilan Badan Otorita Danau Toba (BODT) Nelson Lumbantoruan, Asisten Administrasi Umum Taput Binhot Isak Aritonang, S.Sos, M.Si, serta para peserta FGD Perwakilan dari tiap Kabupaten Sekitaran Danau Toba.

Setelah Penandatanganan komitmen, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai pembahasan Bersama Masterplan Kawasan Pariwisata Danau Toba Menuju Smart City. (diskof/bn05)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)