Hadiah Nataru, Bupati Taput Resmikan Tiga Jembatan, Lumbung Pangan Masyarakat dan Serah Terima Bus Sekolah - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Hadiah Nataru, Bupati Taput Resmikan Tiga Jembatan, Lumbung Pangan Masyarakat dan Serah Terima Bus Sekolah

Bicaranews.com|Taput - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan M.Si bersama Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra didampingi Wakapolres, Asisten Bupati dan Pimpinan Perangkat Daerah meresmikan Jembatan Permanen dan Jembatan Gantungn bertempat di Desa Hutatua Kecamatan Parmonangan, Desa Pagar Batu Kecamatan Sipoholon dan Desa Parbaju Toruan  Kecamatan Tarutung, Selasa (28/12/2021).

Jembatan permanen yang diberi nama Marhaen di Desa Hutatua Kecamatan Parmonangan dengan konstruksi beton sepanjang 19 M dibiayai Dana APBD Kabupaten Tapanuli Utara TA. 2021 sebesar Rp. 1.216.000.000 (satu miliar dua ratus enam belas juta rupiah) dan Jembatan tersebut dibangun bekerja sama dengan Komandan Distrik Militer 0210/TU dibiayai Dana APBD Kabupaten Tapanuli Utara TA. 2021.

Adapun tujuan jembatan ini dibangun adalah untuk menggantikan jembatan kayu yang sempit yang selama ini dipergunakan masyarakat Desa Hutatua menuju ibu kota kecamatan dan pusat pasar.

"Harapan kami dengan terbangunnya jembatan ini masyarakat akan lebih bersemangat untuk mengelola lahan  pertanian yang ada disekitar daerah ini karena telah terbuka akses untuk distribusi hasil pertanian kita menuju pusat pasar yang selama ini harus diangkut dengan kendaraan roda dua sekarang sudah bisa dengan menggunakan roda empat," ujar Bupati Nikson mengawali arahannya.

Bupati menyampaikan harapannya pada perekonomian masyarakat Hutatua agar dapat meningkat dengan terbangunnya jembatan permanen tersebut. "Marilah kita jaga dan kita pelihara jembatan ini sehingga dapat kita pergunakan untuk jangka waktu yang cukup lama," ujar Bupati mengakhiri arahannya.

Dalam kesempatan sebelumnya Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra menyampaikan bahwa kegiatan Karya Bakti TNI adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Pemda dan masyarakat dimana program ini dilaksanakan sebagai upaya membantu percepatan akselerasi pembangunan daerah yang menjadi   prioritas perhatian pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Terima Kasih kepada Pemerintah Daerah dan seluruh lapisan masyarakat yang telah membantu pelaksanaan kegiatan Karya Bakti TNI hingga dapat selesai sesuai dengan target yang direncanakan. Saya mengharapkan kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat bangunan yang sudah kita kerjakan," tutur Letkol Inf Hari Sandra.

Giat Bupati dalam acara Bhakti Karya selanjutnya dengan peresmian jembatan gantung Sisingamangaraja XII di Desa Pagar Batu Kecamatan Sipoholon dan jembatan gantung Rambing Hutabarat  Desa Parbaju Toruan Kecamatan Tarutung.

Jembatan tersebut dibangun untuk menggantikan jembatan darurat yang selama ini dipergunakan masyarakat menuju lahan pertanian.Disamping itu, jembatan gantung Sisingamangaraja dibangun untuk menghubungkan Desa Pagar Batu dengan Desa Tapian Nauli Kecamatan Sipoholon dan dibiayai dari dana belanja tidak terduga APBD Kabupaten Tapanuli Utara TA. 2021 sebesar Rp. 321.182.630,- sepanjang 30 M.

Sementara itu jembatan gantung Rambing Hutabarat  Desa Parbaju Toruan Kecamatan Tarutung  dikerjakan secara Swalelola sepanjang 65 M, dibiayai dari APBD Kabupaten Tapanuli Utara TA 2021 sebesar  Rp.1.100.000.000 (satu miliar seratus juta rupiah) dan jembatan tersebut dibangun untuk menggantikan jembatan rambing lama yang rusak akibat bencana alam pada bulan September tahun 2021 yang lalu. 

Dikesempatan selanjutnya Bupati Nikson Nababan melanjutkan giat Serah Terima 1 Unit Bus Sekolah di SMP Negeri 2 Parmonangan. 

Bantuan tersebut adalah tindak lanjut permohonan Pemkab Tapanuli Utara kepada Menteri Perhubungan RI yang difasilitasi oleh Putra Daerah Tapanuli Utara Bapak Sukur Nababan Anggota DPR RI dengan merk Isuzu Elf Microbus Long Chassis, 2700 CC ini berkapasitas 20 tempat duduk yang dilengkapi dengan fasilitas memadai seperti AC dan tempat duduk yang nyaman.

Bupati berharap bantuan sekolah seperti ini kiranya bertambah dilain waktu untuk membantu meringankan beban/ biaya para orangtua siswa. Selain itu pengoperasian bus sekolah tersebut memiliki tujuan agar siswa siswi memiliki displin waktu, mampu bersosialiasi diantara siswa dan dapat membantu mengurangi beban biaya transportasi bagi para pelajar.

"Kita pantas memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bapak Sukur Nababan yang senantiasa memberikan perhatian yang sungguh-sungguh kepada masyarakat Tapanuli Utara. Saya minta Bus sekolah ini dipergunakan sesuai peruntukannya, mohon dipelihara dengan baik agar dapat digunakan untuk jangka panjang." tutur Bupati Nikson Nababan.

Selanjutnya Bupati Taput meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat dan Sarana Pendukungnya. Kegiatan ini merupakan Program Pengelolaan Sumber Daya Ekonomi untuk Kedaulatan dan Kemandirian Pangan yang berlokasi di Desa Tapian Nauli Kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara.

Kegiatan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Kegiatan Pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat Desa ini terdiri dari beberapa komponen diantaranya, Lumbung Pangan Masyarakat, Rumah Rice Milling Unit (RMU), Lantai Jemur, dan Mesin Rice Milling Unit (RMU).

Besar harapan Bupati Taput, pembangunan Lumbung Pangan ini dapat menjadi badan usaha yang dapat menampung gabah masyarakat dan selanjutnya diproses melalui mesin RMU menjadi beras kemasan berkualitas premium yang dapat dipasarkan. Karena Infrastruktur Taput yg telah memadai maka beberapa kegiatan dibeberapa kecamatan dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien.(komif/bn01)

Diberdayakan oleh Blogger.