Peringatan HKN ke-57 Tingkat Kabupaten Deli Serdang Khidmat, Ini Pesan Bupati! - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Peringatan HKN ke-57 Tingkat Kabupaten Deli Serdang Khidmat, Ini Pesan Bupati!

Bicaranews.com|Lubuk Pakam  - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 tahun 2021 tingkat Kabupaten Deli Serdang berlangsung lancar dan khidmat dipusatkan di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Drs. H. Amri Tambunan, Jalan H M Husni Thamrin, Kota Lubuk Pakam, Jumat (12/11).

Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan dalam sambutannya mengatakan, 57 tahun peringatan HKN merupakan usia yang bukan singkat. Dalam kurun waktu itu telah banyak pencapaian pembangunan secara nasional yang sudah diraih termasuk secara khusus di Kabupaten Deli Serdang.

Namun saat ini dan kedepan, masih banyak kendala dan tantangan perlu dihadapi bersama sehingga dibutuhkan kolaborasi dengan kemampuan profesional dilandasi moral yang harus terus  dijaga, terutama menghadapi pandemi covid-19 yang masih melanda sampai saat ini.

Bupati juga mengungkapkan rasa syukur di tengah momentum peringatan HKN ke-57, Deli Serdang berhasil  menurunkan lonjakan covid-19 berkat kerja keras semua pihak, baik tenaga kesehatan didukung berbagai elemen termasuk TNI dan polri yang tidak kenal lelah berjuang menangani covid-19 di daerah itu.

“Oleh karenanya, di dalam momentum HKN ke-57 tahun 2021 ini, pada tempatnya atas nama Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan atas nama masyarakat Deli Serdang, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian yang telah disumbangkan tenaga kesehatan,” ungkap Bupati.

Namun demikian, Bupati mengingatkan, apa yang dipaparkannya dari keberhasilan tersebut bukan membuat semua pihak dan elemen lengah, justru harus dijaga dan dipelihara. Dan paling penting, masalah kesehatan adalah hal paling utama yang senantiasa harus menjadi perhatian bersama.

Bupati H. Ashari Tambunan berharap, peringatan HKN ke-57 tahun 2021 dapat menjadi penyemangat untuk bangkit dari kondisi pandemi covid-19 menuju Indonesia Bangkit, Indonesia Tumbuh dan Indonesia Sehat sesuai tema yang diusung sekaligus menjadi momentum terbaik awal pulihnya berbagai sektor kehidupan di masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati H.Ashari Tambunan juga memaparkan laju percepatan pembangunan Kabupaten Deli Serdang di sektor pendidikan, infrastruktur dan kesehatan yang sudah banyak dirasakan manfaatnya melalui program “Gerakan Deli Serdang Membangun” (GDSM)

Khusus sektor kesehatan,  melalui program ‘Ceria’ yang merupakan langkah awal mewujudkan masyarakat sehat dengan upaya memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat tidak mampu dan mendorong pemberdayaan perempuan, keluarga serta masyarakat.

Pemkab Deliserdang dalam memberikan pelayanan dan mendekatkan diri dengan masyarakat terus berupaya dengan membuat 2 RSUD baru di Kecamatan Pancur Batu dan Bangun Purba serta telah memiliki 34 Puskesmas dengan 27 puskesmas berstatus rawat inap .

Selain itu juga dan didukung 106 Puskesmas Pembantu dan 19 diantaranya berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) serta diupayakan tahun 2022 mendatang semuanya berstatus BLUD.

Sebelumnya Asisten I Citra Effendy Capah melaporkan, peringatan HKN ke-57 tahun 2021 tingkat Kabupaten Deli Serdang mengusung tema nasional “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku” bertujuan sebagai momentum untuk memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia sekaligus sebagai pengingat, edukasi serta menumbuhkan partisipasi masyarakat agar berperan aktif dalam upaya kesehatan.

Upaya-upaya itu dengan menguatkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, meningkatkan target cakupan vaksinasi covid-19, mengedukasi masyarakat untuk mencegah penyebaran informasi berita hoaks serta meningkatkan semangat juga optimisme seluruh komponen masyarakat bersama ambil bagian mendukung penyelesaian pandemi covid-19.

Peringatan HKN ke-57 juga dirangkai dengan sejumlah kegiatan yakni, apresiasi Pemkab Deli Serdang terhadap sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) tenaga medis (Nakes) dan lembaga layanan masyarakat terbaik juga teladan.

Selain itu, Bupati Ashari Tambunan didampingi Wakil Bupati M A  Yusuf Siregar  juga meresmikan perubahan nama baru RSUD Drs H.i Amri Tambunan dan vaksinasi massal secara serentak di seluruh Puskesmas menggunakan meeting zoom streaming sehingga semua aktivitas vaksinasi dapat disaksikan secara langsung.

Peringatan HKN ke-57 turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Deli Serdang Tengku Achmad Talaa, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, Sekdakab Darwin Zein, mantan Wakil Bupati Deli Serdang Zainuddin Mars, Ketua TP PKK Deli Serdang Hj. Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua TP-PKK Deli Serdang Hj. Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Deli Serdang Kyai Amir Panatagama, Rektor UMSU Prof Dr Agus Sani MA, istri mantan Bupati Deli Serdang H.Amri Tambunan Hj. Anita Amri Tambunan dan keluarga serta pimpinan lintas OPD. (t/bn02)

Diberdayakan oleh Blogger.