Menko Marves Launching Gernas BBI UMKM Toba Vaganza 2021 di Parapat

Menko Marves Launching Gernas BBI UMKM Toba Vaganza 2021 di Parapat

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|PARAPAT - Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut B Panjaitan didampingi Anggota DPR RI Komisi XI H Gus Irawan Pasaribu, Gubernur Sumatera Utara diwakili Sekda H Afifi Lubis, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan ketua Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Toba Vaganza tahun 2021.

Launching tersebut ditandai dengan pemukulan gonrang, bertempat di Ball Room Sopo Bolon Hotel Niagara Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut, Jum’at, (12/11/2021) 

Dalam sambutannya Menko Marves meyampaikan apresiasi kepada OJK karena telah menyelanggarakan Gernas BBI melalui festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Toba Vaganza di Parapat dan juga memainkan peranannya sebagai akses mendanai pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Luhut menerangkan, saat 64 juta kelompok UMKM tersebar di Indonesia dan pada tahun 2024 ditargetkan 32 juta UMKM diantaranya akan masuk on boarding sehingga semua penjualan produk dapat dilakukan melalui digitalisasi. “Ini merupakan dukungan nyata bagi pelaku UMKM yang memiliki peranan penting sebagai tulang punggung meningkatkan ekonomi dalam keadaan susah saat ini,"ujar Luhut.

Menko Marves juga meminta Ketua Dewan OJK agar menertipkan pinjaman-pinjaman ilegal yang dapat mencekik masyarakat dan khususnya para pelaku UMKM yang hemdak mengembangkan usahanya. 

Kepada para pelaku UMKM dan seluruh masyaralat, Menko menghimbau untuk tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan Covod-19 karena pengendalian pandemi merupakan bagian yang penting dalam pertumbuhan dan pemulihan ekonomi Nasional 

Ketua Dewan OJK Wimboh Santoso mengatakan tujuan pegelaran festival UMKM Toba Vaganza Ini merupakan bentuk dukungan Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) dan seluruh jasa keuangan kepada pelaku UMKM di Indonesia sehingga bentul-betul menjadi penyokong ekonomi di Indonsia.

Wimboh Santoso mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan pemulihan ekonomi dan saat ini sebanyak 80 UMKM mengikuti Festival UMKM Toba Vanganza yang digelar di Medan dan kawasan Danau Toba Kabupaten Simalungun.

Selain itu, Kepala Dewan Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso juga mengatakan pihaknya juga mendorong permodalan UMKM melalui jasa perbankan melalui Kredit usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku UMKM dengan suku bunga yang relatif rendah.

Wimboh berharap kehadiran Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) harus dapat menjadi berkah kepada pelaku UMKM dan berjanji produk UMKM dari kawasan Danau Toba go internasional beberapa tahun kedepan. "Ini target kita, beberapa tahun ke depan produk UMKM dari kawasan Danau Toba akan go internasional dan ini bukan sekedar pencitraan," ujarnya.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi diwakili Sekretaris Daerah Pemprovsu H Afifi Lubis, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada OJK dan seluruh lembaga jasa keuangan di Sumatera Utara yang telah berperan aktif sehingga proses pemulihan ekonomi nasional khususnya untuk sektor UMKM berjalan dengan baik hingga saat ini

Afifi Lubis juga mengatakan, sebagaimana kita ketahui pandemi covid-19 telah memberi dampak yang signifikan bagi para pelaku usaha dan masyarakat Sumatera Utara dan berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat di Sumatera Utara

"Untuk mengakselerasi laju perekonomian Sumatera Utara kami melihat peran industri jasa otoritas keuangan dalam memperluas akses keuangan masyarakat mutlak diperlukan untuk membangkitkan kembali ekonomi yang sempat terpuruk. 

"Maka dari itu kegiatan ini sangat relevan untuk menguatkan kembali sektor UMKM di Sumatera Utara melalui perluasan akses keuangan digitalisasi dan Industri jasa keuangan memegang peranan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi sehingga perlu dijaga agar mampu menjalankan fungsinya," tambah Afifi Lubis.

Sementar itu, Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan selamat kepada Menko Marves bersama rombongan yang telah hadir di Kabupaten Simalungun. Diharapkan kehadiran Menko dan rombongan membawa ridho dan keberkahan buat Simalungun.

"Tadi kami sematkan seperangkat pakaian adat Simalungun kepada bapak Menko dan rombongan. Ini merupakan lambang bahwa kami menyanjung tinggi kepada tamu yang mau memberikan hati dan fikirannya buat Simalungun. Bantulah kami pak menteri banyak hal yang kami butuhkan untuk kemajuan Simalungun,"ujar Bupati.

Tampak hadir diacara tersebut, Anggota Komisi XI DPR RI H Gus Irawan Pasaribu, H Hidayatullah dan Sihar P Sitorus yang hadir secara virtual, Sekda Provsu H Afifi Lubis, para pejabat dilingkungan kementerian dan lembaga negara, Bupati se-Sumut dan Forkopimda Simalungun, para pimpinan Industri Jasa Keuangan.(t/bn03)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)