10 tim Eropa lolos ke Piala Dunia 2022, ini daftarnya - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

10 tim Eropa lolos ke Piala Dunia 2022, ini daftarnya

Bicaranews.com|Jakarta - Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa sudah rampung Selasa malam waktu setempat atau Rabu dini hari WIB lalu dengan berhasil menghasilkan 10 juara grup dan 10 runner-up serta dua peserta lainnya diambil dari tim peringkat terbaik Nations League.

10 Negara Eropa memastikan diri lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022 usai tahap kualifikasi sedangkan ada 12 negara lainnya yang harus terlebih dahulu memasuki babak play-off yang bakal digelar Maret tahun depan.

Perjalanan para juara dan runner-up grup di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa

Total ada 10 negara yang lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar, sedangkan 10 negara lainnya berstatus runner-up dari sepuluh grup kualifikasi zona Eropa ketika gelaran kualifikasi zona ini berakhir.

Di Grup A, Serbia melakukan kejutan dengan menduduki puncak klasemen usai mengalahkan Portugal 1-2 dalam pertandingan terakhir.

Hasil ini membuat Serbia memuncaki klasemen Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan 20 poin dari 8 pertandingan atau unggul tiga poin dari Portugal yang menduduki peringkat dua dan harus memasuki playoff.

Cerita hampir serupa terjadi di Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa ketika Spanyol memastikan diri pada pertandingan terakhir setelah mengalahkan Swedia 1-0.

Spanyol berada di peringkat satu klasemen Grup B dengan 19 poin dari 8 pertandingan atau empat poin di atas Swedia yang terpaksa menjalani playoff.

Di Grup C, Swiss menduduki peringkat pertama klasemen setelah menang 4-0 atas Bulgaria, sebaliknya Italia hanya imbang 0-0 melawan Irlandia Utara sehingga terpaksa melewati babak playoff.

Swiss berada di puncak klasemen Grup C dengan 18 poin dari 8 pertandingan, sedangkan Italia menjadi runner up dengan 16 poin.

Di Grup D, Prancis sudah memastikan diri lolos otomatis lolos ke Piala Dunia dengan mengumpulkan 18 poin, sedangkan runner upnya adalah Ukraina dengan 12 poin.

Di Grup E, Belgia memastikan diri memuncaki klasemen meski imbang 1-1 melawan Wales yang membuat Belgia lolos otomatis ke Piala Dunia 2022. Sebaliknya Wales terpaksa menjalani playoff setelah  mengumpulkan 15 poin dari 8 pertandingan atau lima poin di bawah Belgia.

Di Grup F, Denmark gagal menang 100 persen usai kalah 0-2 melawan Skotlandia dalam pertandingan terakhir.

Denmark tetap berhasil lolos otomatis dengan 27 poin dari 10 pertandingan, sedangkan peringkat kedua dihuni oleh Skotlandia dengan 23 poin sehingga berhak ke playoff.

Di Grup G, Belanda harus menunggu hingga pertandingan terakhir untuk memastikan diri lolos otomatis ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Norwegia 2-0 ketika saat bersamaan Turki lolos ke babak play-off setelah mengalahkan Montenegro 2-1.

Belanda berada di puncak klasemen Grup G dengan 23 poin dari 10 pertandingan, sedangkan Turki mengumpulkan 21 poin.

Kroasia melaju otomatis ke Piala Dunia 2022 setelah pada pertandingan terakhir mengalahkan Rusia  1-0 yang membuat mereka memuncaki klasemen Grup H.

Kroasia tercatat mengumpulkan 23 poin dari 10 pertandingan, sedangkan peringkat kedua diisi oleh Rusia yang berhak ke babak play-off.

Di Grup I, Inggris menegaskan diri sebagai juara grup setelah mencukur San Marino 10-0, sedangkan Polandia yang berada oada posisi kedua harus mengakui keunggulan Hungaria 1-2.

Secara keseluruhan, Inggris mengumpulkan 26 poin dari 10 laga yang sudah dijalani, sedangkan Polandia berada pada peringkat kedua dengan 20 poin dari 10 pertandingan.

Di Grup J, Jerman memastikan lolos ke Piala Dunia 2022 secara otomatis usai menduduki peringkat pertama klasemen grup dengan 27 poin, sedangkan Makedonia Utara menempati peringkat kedua.

Bagi Makedonia Utara, lolos ke babak play-off adalah suatu pencapaian besar untuk bisa pertama kalinya dalam sejarah mempunyai kesempatan terbuka  mencicipi gelaran besar Piala Dunia.

Pada Euro 2020 lalu, Makedonia Utara berhasil tampil dalam turnamen besar pertama mereka sejak merdeka dari Yugoslavia pada 1991.


Menuju babak playoff

Selanjutnya 10 negara yang menduduki peringat kedua setiap grup akan memasuki babak playoff bersama dua negara yaitu Austria dan Republik Ceko yang lolos dari kualifikasi UEFA Nations League.

Rencananya pengundian babak playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa ini akan digelar 26 November mendatang dan pertandingannya akan dimulai Maret tahun depan.

Pada pengundian nanti akan tiga jalur yang berisi masing-masing empat negara dan akan tiap jalur memiliki satu tuan rumah yang selanjutnya akan digelar pertandingan final dan semifinal.

Masing-masing juara dari tiap jalur atau path akan mengambil tiga tiket tersisa zona Eropa untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.


Berikut 10 negara yang lolos otomatis ke Piala Dunia dan 12 negara yang harus memasuki babak play-off terlebih dahulu:

Lolos otomatis ke Piala Dunia 2022:

1. Serbia

2. Spanyol

3. Swiss

4. Prancis

5. Belgia

6. Denmark

7. Belanda

8. Kroasia

9. Inggris

10. Jerman


Melaju ke babak play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa:

1. Portugal

2. Swedia

3. Italia

4. Ukraina

5. Wales

6. Skotlandia

7. Turki

8. Rusia

9. Polandia

10. Makedonia Utara

11. Austria (Kualifikasi UEFA NAtions League)

12. Republik Ceko (Kualifikasi UEFA Nations League).

sumber:antara

Diberdayakan oleh Blogger.